X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Tembus Tes CPNS dengan Tips dan Trik Ini!

Tembus Tes CPNS dengan Tips dan Trik Ini!
Tembus Tes CPNS dengan Tips dan Trik Ini!

Tembus Tes CPNS dengan Tips dan Trik Ini!

Pada kenyataannya, Abdi Negara masih menjadi pekerjaan pilihan banyak orang. Buktinya, setiap ada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), orang beramai-ramai mendaftar meski peluang lolos tes CPNS seringkali tak besar. Bayangkan saja, dari ribuan orang yang mendaftar, terkadang tak sampai lima orang yang diterima. Persaingannya benar-benar ketat.

 

Kalau Anda juga sangat ingin menjadi PNS, tentu Anda harus mempersiapkan diri dengan matang. Pastikan semua persyaratan sudah Anda penuhi dan kelengkapan administrasi sudah Anda lengkapi sejak jauh-jauh hari, karena beberapa dokumen memerlukan waktu pengerjaan yang agak lama. Setelah itu, Anda wajib berlatih mengerjakan soal tes CPNS secara rutin selama 1-2 bulan penuh sebelum tes dilaksanakan.

 

Memilih Instansi

Meski sama-sama melakukan seleksi penerimaan melalui tes CPNS, beda instansi, beda pula komposisi soalnya. Misalnya, menurut salah satu peserta tes CPNS, tes matematika untuk Badan Koordinasi Penanaman Modal lebih rumit dibanding tes matematika untuk Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, tes untuk beberapa instansi hanya dua tahap, tapi untuk Kementerian Luar Negeri bisa jadi empat tahap.

 

Karena itu, cari tahu tentang tes CPNS instansi yang Anda inginkan. Alangkah baiknya Anda memilih instansi yang sesuai dengan minatmu atau selaras dengan jurusanmu saat kuliah agar peluangmu lulus tes CPNS lebih besar. Kesempatanmu diterima sebagai PNS juga lebih besar jika Anda memilih posisi yang memiliki lowongan banyak.

 

Belajar Latihan Soal Tes CPNS

Tes CPNS terdiri dari dua jenis, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing memiliki passing grade alias nilai ambang batas yang harus dipenuhi untuk bisa lulus tes CPNS, yakni 80 untuk TIU, 75 untuk TWK, dan 143 untuk TKP.

 

Berikut adalah trik untuk mengerjakan masing-masing jenis tes:

 

TIU

Fokuskan menjawab pertanyaan yang menurut Anda gampang terlebih dulu. Misalnya Anda lemah di kemampuan numerik berupa aljabar, Anda bisa mengerjakan soal deret dulu.

 

Soal jenis ini bisa Anda jawab dengan mudah jika teliti dan rajin berlatih mengerjakan soal. Atau, dahulukan mengerjakan soal kemampuan verbal berupa sinonim, antonim, dan analogi, kemampuan berpikir logis berupa silogisme, atau kemampuan berpikir analitis berupa soal spasial.

 

TWK

TWK terdiri dari soal Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan bangsa, sampai sistem tata negara Indonesia. Mentang-mentang terkesan seperti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sarat muatan budi pekerti, jangan sepelekan tes ini dengan sekadar memilih jawaban paling bagus dan paling panjang dari daftar jawaban. Kamu harus memelajari semuanya dengan maksimal untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan TWK dengan benar.

 

TKP

Untuk soal TKP, Anda baru boleh memilih jawaban yang paling bagus di antara yang lain. Selain itu, Anda juga harus jujur dalam menjawab soal, karena jawaban Anda bisa mencerminkan siapa dirimu. TKP juga bisa dipelajari lewat buku latihan soal tes CPNS karena biasanya soal yang keluar kurang lebih mirip.

 

TKB

Untuk posisi di kementerian, jika Anda lulus TKD, Anda akan lanjut ke tahap TKB. Inilah pentingnya memilih posisi yang sesuai dengan minat atau sesuai jurusan kuliah. Sebab, soal-soal yang keluar akan berkaitan dengan posisi yang Anda ambil.

 

Misalnya Anda memilih jabatan Analis Kebijakan Pertama, materi yang ditanyakan adalah seputar kebijakan publik. Kalau Anda sudah belajar tentang ini sejak kuliah, kesempatanmu untuk lulus tes CPNS akan lebih besar karena Anda lebih mudah memahaminya.

 

Menjelang Tes

Persiapkan diri dengan baik mulai H-1 hari tes. Pakai kemeja putih polos (dan jilbab hitam polos jika memakai kerudung), bawahan hitam polos, dan sepatu pantofel hitam. Bawa KTP dan dokumen lain yang dibutuhkan.

 

Jangan lupa survei lokasi tes terlebih dulu agar Anda tidak tersasar dan tahu harus naik kendaraan apa ke sana. Sehari sebelum tes, Anda tidak perlu begadang dan belajar serius lagi, ya, supaya besok Anda bisa mengerjakan soal dengan tenang dan nyaman.

 

Di hari H, jangan lupa sarapan agar Anda bisa lebih berkonsentrasi mengerjakan soal. Pastikan Anda datang sebelum waktu tes yang sudah ditentukan. Jangan sampai telat, karena akan membuat Anda panik dan kekurangan waktu mengerjakan soal. Mulailah mengerjakan soal dengan berdoa.

 

Itulah tadi Tips dan Trik Tembus Tes CPNS oleh Abdi Negara Offiical. Terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga Anda lulus tes CPNS dan diterima di posisi yang Anda inginkan.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar