X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Tempat Bimbel ATKP dan PKTJ Paling Top di Indonesia



Apa Itu PKTJ?

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan atau dikenal dengan singkatan PKTJ ini merupakan sebuah pendidikan tinggi kedinasan yang berada dibawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Pada awal berdirinya, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) dikenal dengan nama Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Jalan Raya (Balai Diklat Trans Jaya), Kota Tegal, Jawa Tengah.

Diklat Trans Jaya berdiri pada tanggal 14 Mei 1971. Kemudian baru dibuka dan diresmikan pada tanggal 27 September 1971 oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Sumpono Bayuaji.  PKTJ dibangun di tempat bekas pergudangan PJKA (SCS). Luas area tersebut sekitar 6,5 hektar, terletak di Jalan Semeru Nomor 3 Kota Tegal.

Pada masa awal berdirinya, PKTJ lebih dikenal sebagai Pusdik Perhubungan Darat di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LEMDIK) Perhubungan Darat Jakarta. Perubahan nama dari LEMDIK Perhubungan Darat menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan Darat (Pusdiklat Perhubungan Darat) ini berdasarkan perubahan struktur organisasi Departemen Perhubungan Nomor KM.415/U/PHB-1975.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan No. KM.51/OT/PHB-1978 pada tanggal 8 Maret 1978, Pusdik Perhubungan Darat di Tegal berubah menjadi Unit Pelaksana Pendidikan dan Latihan Perhubungan Darat  berubah menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat dan Jalan Raya (Balai Diklat Trans Jaya) Tegal.

Kemudian berubah lagi sejak adanya Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.73 Tahun 2002 menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Tegal sampai dengan saat ini.

Program Studi PKTJ Surabaya

Terdapat tiga program studi yang ada Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan. Ketiga program studi tersebut antara lain :

1.    Rekayasa Sistem Transportasi Jalan (D4)

2.    Teknologi Rekayasa Otomotif (D4)

3.    Teknologi Otomotif (D3)

Syarat Masuk Kedinasan PKTJ

Pendaftaran PKTJ dilakukan melalui Portal SSCN BKN atau bisa langsung mengunjungi situs resmi Sipencatar Dephub. Tujuan melakukan pendaftaran di Portal SSCN BKN dalam alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password yang nanti akan digunakan di Sipencatar. Kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran ke Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id.

Berikut persyaratannya Anda lengkapi:

1.    Warga Negara Indonesia (WNI)

2.    Usia minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun, khususnya ; D-III LLU (minimal 18 tahun), D-II PKB STTD dan D-IV LLU (minimal 17 tahun)

3.    Nilai rata-rata nilai ujian tertulis tidak kurang dari 70

4.    Untuk Taruna minimal tinggi badan 160 cm dan Taruni 155 cm, khususnya ; D-III PKP (minimal 165 cm), D-IV Penerbangan (pria minimal 165 cm , wanita 163 cm), dan D-III OBU (minimal pria 165 cm, wanita 160 cm)

5.     Tidak cacat fisik dan mental

6.     Bebas narkoba dan HIV/AIDS

7.     Tidak memiliki tato atau bertindik

8.     Tidak buta warna

9.     Tidak sedang dalam menjalani pidana hukuman

10.  Belum pernah diberhentikan secara paksa sebagai Taruna atau taruni oleh Badan Pengembangan SDM Perhubungan maupun Perguruan tinggi lainnya

11.  Menaati peraturan yang telah ditentukan

12.  Bersedia diberhentikan secara tidak hormat apabila terindikasi melakukan tindakan kriminal, melakukan asusila lainnya.

13.  Program studi D-III PKP (hanya untuk pria)

14.  Memiliki e-mail yang masih aktif

Apa Itu ATKP?

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau dikenal dengan sebutan ATKP merupakan sebuah pendidikan tinggi yang berada dibawah Kementerian Perhubungan Indonesia.

Tugas utama ATKP adalah untuk melaksanakan pendidikan profesional program diploma bidang keahlian teknik dan keselamatan penerbangan yang terbuka bagi umum.

Pendirian ATKP ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga Ahli dalam bidang penerbangan khususnya Terampil dan Ahli Teknik serta Keselamatan Penerbangan.

Program Studi ATKP

DI setiap sekolah penerbangun tentunya memiliki program studi yang berbeda beda. Namun, disini kami mengambil program studi untuk ATKP Surabaya, yaitu memiliki 7 program studi. Adapun 7 program studi tersebut antara lain :

1.    Pendidikan Dasar Teknik Listrik (D1)

2.    Teknik Listrik Bandar Udara (D1, D3)

3.    Pendidikan Dasar Teknik Radio (D1)

4.    Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara (D2, D3)

5.    Teknik Bangunan dan Landasan (D1,D2,D3)

6.    Teknik Perawatan Pesawat Udara (D3)

7.    Teknik Mekanikal Bandar Udara (D3)

Syarat Masuk Kedinasan ATKP

Adapun syarat untuk daftar masuk kedinasan di ATKP Surabaya antara lain :

1.    Usia minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun, khusus jurusan D III LLU (minimal 18 tahun) dan  D IV LLU (minimal 17 tahun)

2.    Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama masa pendidikan

3.    Tinggi badan minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm

4.    Pas Foto 4 x 6 cm berwarna latar belakang merah, ijazah/STTB, nilai UN, Akta Kelahiran, dan Surat Keterangan Belum Menikah dari Desa/Kelurahan

5.    Melampirkan surat keterangan sebagai peserta UN dari Kepala Sekolah

6.    Memiliki nilai rata-rata Ujian tertulis pada Ijazah tidak kurang dari 70,00

7.    Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna dan tidak menggunakan kacamata (lensa kontak)

8.    Tidak bertato dan tidak ditindik, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama adat.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar