[Berita][bsummary]
[Review][bigposts]

Syarat Fisik Menjadi Anggota TNI AD

Syarat Fisik Menjadi Anggota TNI AD
 Syarat Fisik Menjadi Anggota TNI AD
Syarat Fisik Menjadi Anggota TNI AD

 

Menjadi seorang anggota TNI AD merupakan cita-cita sebagian remaja yang memiliki jiwa nasionalis yang tinggi. Terkenal dengan pekerjaan yang terlihat berwibawa dan gagah membuat remaja berlomba-lomba untuk dapat menjadi bagian dari Tentara Nasional Indonesia. Pendaftaran menjadi anggota TNI AD telah dibuka sejak awal tahun ini. Banyak hal yang harus dipersiapkan baik secara fisik, mental, maupun kelengkapan administrasi.

 

Untuk menjadi seorang anggota TNI AD tentunya memiliki syarat dan ketentuan tertentu. Salah satunya adalah ketentuan fisik. Menjadi seorang anggota TNI AD yang notabene menjadi garda terdepan penjagaan NKRI tentu memiliki tanggung jawab yang besar. Tugas TNI AD dapat dikatakan hal yang sangat vital untuk menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, anggota TNI AD juga ditugaskan untuk membantu proses evakuasi rakyat Indonesia yang sedang mengalami bencana alam. Untuk memikul tanggung jawab seberat itu tentu dibutuhkan fisik yang mendukung. Lalu apa saja syarat fisik menjadi anggota TNI AD? Perhatikan informasi  berikut dengan seksama.

 

Pertama, tinggi badan anggota TNI AD untuk pria minimal 163 cm dan untuk wanita 157 cm. Kedua, akan dilakukan pemeriksaan kelainan pada kaki yaitu kaki O atau kaki X. Ketiga, jika terjadi kelainan pada kaki tidak boleh melebihi 4 cm. Keempat, tidak memiliki riwayat patah tulang pada tangan maupun kaki. Kelima, diharuskan untuk bisa lolos tes kebugaran yang terdiri dari tes sit up, pull up, push up, dan juga berenang. Keenam, tidak memiliki kelainan pada mata.

 

Syarat Fisik Menjadi Anggota TNI AD
 Syarat Fisik Menjadi Anggota TNI AD

Seperti pendaftaran pada anggota kepolisian, pendaftaran TNI AD juga memperhatikan kesehatan gigi calon siswa yang mencerminkan kedisiplinan dari para pendaftar. Syarat kelolosan pada kesehatan gigi ini sebenarnya cukup sederhana. Jika memang kalian memiliki masalah pada gigi dapat dipersiapkan jauh hari sebelum hari pengecekan. Hal-hal yang dinilai dalam tahap pengecekan gigi adalah (1) susunan gigi harus rapi, (2) gigi depan tidak terlalu maju atau tonggos, (3) gigi dalam keadaan sehat dan tidak berlubang, (4) tidak menggunakan gigi palsu.

 

Itulah beberapa syarat fisik yang harus kalian penuhi agar bisa lolos menjadi anggota TNI AD. Sebelum melakukan pendaftaran pastikan kalian sudah melakukan pengecekan mandiri diri kalian di berbagai instansi kesehatan. Jika kalian menemukan masalah pada salah anggota tubuh, kalian masih bisa melakukan berbagai upaya seperti melakukan pengobatan atau perawatan supaya saat hari pengecekan fisik kalian memenuhi persyaratan.

 

Fisik hanya menjadi salah satu dari sekian banyak persyaratan yang harus dipenuhi ketika mendaftar menjadi anggota TNI AD. Masih banyak persyaratan lainnya yang harus dipenuhi. Jangan sampai kalian hanya terpaku pada syarat fisik dan melupakan persyaratan lainnya. Pastikan semua persyaratan kalian perhatikan secara seksama. Dengan begitu gerbang TNI AD akan terbuka lebar untuk kalian.

 

Semoga informasi mengenai Syarat Fisik Menjadi Anggota TNI AD berikut bermanfaat bagi kalian yang akan mendaftar sebagai anggota TNI AD. Untuk informasi menarik lainnya pantau terus artikel kami di Abdi Negara Official. Terima kasih dan sampai jumpa!

 


"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 087763495838
CS 2: 087763495838
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

[TNI][twocolumns]