X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Berbagai Macam Unit Polisi di Indonesia

Berbagai Macam Unit Polisi di Indonesia

Berbagai Macam Unit Polisi di Indonesia
-
Setiap instansi pasti memiliki tugas, kebutuhan, dan tujuan tersendiri. Itu juga lah yang membuat suatu instansi berbeda dengan instansi lainnya. Begitu juga dengan kepolisian kita. Tahukah Anda bahwa ternyata polisi yang ada di Indonesia tidak hanya satu jenis saja? Polisi memiliki banyak unit yang berbeda-beda dengan tugas mereka yang berbeda-beda pula.

Sebelum kita lanjut, tahukah Anda bahwa Untuk Tahun Ini, CPNS POLRI Membuka Lowongan 544 Formasi? Silakan Anda periksa bila artikel tersebut membuat Anda tertarik. Sekarang, akan kami lanjutkan tentang Berbagai Macam Unit Polisi di Indonesia.

Sabhara
Sabhara adalah singkatan dari Samapta Bhayangkara. Unit kepolisian ini memiliki seragam abu-abu dengan topi baretnya. 

Satuan Sabhara bertugas menyelenggarakan dan membina fungsi Samapta Bhayangkara yang mencakup tugas polisi umum. Seperti pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli, pengamanan, dan pengendalian massa.
Sumber : https://sabhara.sangkuriang.co.id


Brimob
Korps Brigade atau disingkat Brimob adalah kesatuan operasi khusus yang bersifat paramiliter. Korps Brimob yang memakai seragam hitam ini termasuk salah satu unit tertua yang ada di organisasi POLRI. 

Beberapa tugas utamanya adalah penanganan terorisme dan kerusuhan, penegakan hukum, penanganan kejahatan tingkat tinggi, pencarian dan penyelamatan sandera, pertolongan bencana alam (SAR), pertempuran jarak dekat (dalam kota), serta penjinakan bom.
Sumber : www.cnn.indonesia.com


Propam
Propam adalah singkatan dari Pembinaan Profesi dan Pengamanan untuk lingkungan POLRI, dengan ciri khas kopel (sabuk) putihnya. 

Sumber : tribratanewskudus.com

Propam berbentuk divisi sendiri dari POLRI yang bertanggung jawab kepada masalah pembinaan profesi dan pengamanan di lingkungan internal.

Polisi DVI
DVI adalah singkatan dari Disaster Victim Identification. Unit bentukan POLRI ini terdiri dari orang-orang yang perannya sangat diperlukan dalam proses identifikasi korban bencana yang hancur saat kejadian dan tidak mungkin lagi dikenali. 

Unit DVI terdiri dari dokter spesialis forensic, dokter gigi, ahli antropologi, kepolisian, fotografi, dan ada yang berasal dari masyarakat biasa.
Sumber : www.beritasatu.com


Polisi Pariwisata
Polisi Pariwisata memiliki peran sangat penting dalam pengamanan wisatawan, memberikan pelayanan dan kenyamanan baik dalam perjalanan wisata maupun di objek wisatanya. 

Sumber : www.goriau.com

Kadang polisi ini berpatroli menggunakan kuda dan seragam yang unik pula.

Polisi Pantai
Polisi pantai memiliki seragam yang lebih santai dari unit kepolisian lainnya. Seragam yang mereka kenakan mulai dari kaos biru, bertopi cowboy, dan celana Hawaii. 

Dengan seragam khusus ini, diharapkan polisi pantai lebih luwes dalam beraktivitas selama mengamankan kegiatan wisatawan atau di sekitar pantai.
Sumber : www.sandiasa.com


Polisi Inafis
Inafis bertugas penting dalam proses identifikasi. Identifikasi di sini difokuskan pada pemusatan data otentik diri seluruh penduduk Indonesia, yaitu melalui sidik jari. Inafis sendiri adalah singkatan dari Indonesian Automatic Fingerprints Identification System

Sumber : news.okezone.com

Sistem ini dirancang agar data sidik jari terkumpul di satu pusat bank data di Inafis. Pemusatan ini penting untuk memastikan tidak ada data ganda, sehingga apabila terjadi kejahatan diharapkan bisa dilacak dari Inafis ini. Tim Inafis sering bekerja sama dengan DVI maupun Labfor. Saat bertugas, seragam jingga merupakan ciri khasnya.

Labfor
Satuan Labfor bertanggung jawab pada pengolahan TKP. Mulai dari membuat parameter pemeriksaan TKP, mengumpulkan bukti kejahatan, sampai dengan pemeriksaan bukti. 

Sumber : news.okezone.com

Satuan ini mempunyai alat kerja yang cukup banyak, yang paling dikenali adalah kamera foto yang hampir selalu mereka bawa. Seragam khas satuan ini adalah kaus berkerah hitam atau model kemeja hitam, dengan rompi dan topi.

Polisi PBB
Pihak POLRI setiap tahunnya selalu mengirimkan perwakilan dari negara untuk bergabung dalam Pasukan Penjaga Perdamaian PBB atau sering disebut Topi Baja Biru, sesuai dengan topi biru muda yang mereka kenakan. 

Tidak hanya di Indonesia, tetapi negara-negara lain di seluruh dunia juga mengirimkan perwakilannya dalam pasukan ini. Tim Polisi PBB merupakan gabungan dari tentara, polisi sipil, dan para petugas sipil lainnya. Tugas unit polisi ini bertanggung jawab untuk menjaga perdamaian dunia.
Sumber : www.news.detik.com


Densus
Departemen Khusus 88 (Densus 88) Anti Teror adalah satuan khusus kepolisian untuk penanggulangan terorisme di Indonesia. Pasukan khusus ini dilatih khusus untuk menangani segala ancaman teror, termasuk teror bom dan penyanderaan. Beberapa anggotanya juga merupakan anggota tim Gegana. 

Sumber : www.nasional.kompas.com

Tim Khusus ini terdiri dari ahli investigasi, ahli bahan peledak (penjinak bom), dan unit pemukul yang didalamnya terdapat ahli penembak jitu. Masing-masing kepolisian daerah memiliki unit anti teror yang beranggotakan 45-47 orang.



Unit K-9
Unit K-9 adalah satuan POLRI dengan ciri khasnya yaitu bertugas dengan anjing. Partner yang terbilang cukup efektif dalam perannya mencegah dan menangani kondisi tertentu. 

Sumber : gbssecurindo.co.id

Salah satu khas seragam polisi ini adalah menggunakan sarung tangan, pelindung tubuh, dan helm pelindung.

Polisi Berkuda

Salah satu polisi yang digunakan di satuan Polisi Berkuda. Tidak ada perbedaan mencolok dari seragam Sabhara, hanya dibedakan memakai topi berkuda. 

Sumber : www.krjogja.com

Selain berfungsi sebagai pengamanan keseharian, satuan ini juga membantu dalam menangani kasus huru-hara.

Para pembaca, itulah Berbagai Macam Unit Polisi di Indonesia. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa lebih mengetahui tentang berbagai macam polisi di luar sana. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda. Jika Anda ingin belajar di bimbel TNI, silahkan klik di panara.id atau klik Bimbel TNI Terbaik.
Related Posts

Related Posts