X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Berikut BIMBEL STAN Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

 


Apa itu STAN?

Politeknik Keuangan Negara STAN atau yang biasa dikenal dengan singkatan PKN STAN merupakan sebuah pendidikan tinggi kedinasan yang berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum kita lanjutkan pembahasannya kami juga mengunggah artikel yang berjudul Bimbel Poltekkes yang bisa and abaca dengan klik link yang tercantum.

Didirikannya STAN ini sesuai dengan dasar hukum, yaitu Keputusan Presiden RI Nomor 45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI Nomor 12 Tahun 1967, serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 pada 18 Februari  1977.

Program Studi PKN STAN

Program studi di PKN STAN yang diselenggarakan untuk lulusan SMA, Madrasah Aliyah dan SMK, yaitu pendidikan Program Studi Diploma I dan III.

Untuk Program Studi Diploma I, pendidikannya di tempuh selama 1 tahun (dua semester). Lokasinya berada di Kampus PKN STAN Jakarta dan Balai Diklat Keuangan yang tersebar di delapan daerah yang diantaranya adalah Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado.

Dan untuk Program Studi Diploma III,pendidikannya di tempuh selama 1 tahun (dua semester). Namun untuk penempatannya hanya di Kampus PKN STAN yang di Jakarta .

Berikut 6 program studi yang menjadi favorit di PKN STAN yang kami dirangkum dari berbagai sumber :

1.    Program Studi Akuntansi

Program studi Akuntansi bisa dikatakan jurusan yang cukup favorit di PKN STAN. Di Disini, para mahasiswa akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan ilmu akuntansi dan penerapannya, tentunya yang berhubungan dengan pemerintahan.  Umumnya, ilmu Akuntansi yang dipelajari pada jenjang Diploma PKN STAN sama dengan yang dilahap mahasiswa Strata 1 perguruan tinggi pada umumnya.  Berbeda dengan program studi lainnya, jenjang studi disini tersedia Diploma III dan Diploma IV.

Bagi mahasiswa yang mengambil program studi jenjang Diploma III, akan mengikuti perkuliahan selama 3 tahun untuk menjadi Ahli Madya. Sedangkan Diploma IV akan mengikuti perkuliahan setara dengan Sarjana, yaitu selama 4 tahun.

2.    Program Studi Pajak

Program studi ini memiliki fokus dalam penyelenggaraan pendidikan khusus perpajakan. Pajak termasuk salah satu jurusan yang cukup banyak diminati di PKN STAN. Anda akan bersaing dengan banyak peserta lainnya untuk masuk jurusan ini.

Pajak merupakan program studi yang penting dalam ketatanegaraan, pasalnya pajak mengikat seluruh warga negara dan harus dikelola sebaik mungkin oleh pemerintah. Adapun jenjang program studi pajak, yaitu Diploma I dan Diploma III.

3.    Program Studi Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan

Program studi  Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan merupakan salah satu program studi vokasi di PKN STAN yang menerbitkan lulusan dengan kompetensi Penilaian Sumber Daya Alam dan Lingkungan serta penilaian sumber properti dan bisnis, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Penilai Pemerintah yang ada di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak  dan juga Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

DIsini, Anda juga akan mempelajari banyak mata kuliah. Secara garis besar, mata kuliah yang akan Anda pelajari yaitu ilmu pengukuran dan pemetaan tanah, manajemen properti, pemeliharaan bangunan, penilaian sumber daya dan perencanaan kota. Untuk jenjang program studi disini hanya tersedia untuk tingkatan Diploma III saja.

4.    Program Studi Kepabeanan dan Cukai

Program studi ini merupakan satu-satunya jurusan di sekolah kedinasan yang melangsungkan pendidikan semi militer. Peserta didik yang ada di program studi harus laki-laki.

Peserta yang telah berhasil masuk dalam program studi ini akan dibimbing dan dilatih untuk menjadi seorang ahli yang akan bertugas di berbagai pelabuhan atau perbatasan. Untuk jenjang program studi di Kepabeanan dan Cukai ini, yaitu Diploma I dan Diploma III.

5.    Program Studi Kebendaharaan Negara

Di program studi ini, Anda akan mempelajari banyak mata kuliah diantaranya; hukum keuangan negara, manajemen keuangan, pengelolaan keuangan daerah, hingga pelaksanaan belanja negara.

Program studi ini juga cukup banyak diminati di STAN. Untuk jenjang program studi disini tersedia untuk tingkatan Diploma I dan Diploma III.

6.    Program Studi Manajemen Aset

Program studi yang satu ini bisa dikatakan sebagai jurusan hukumnya STAN. Disini, Anda akan mempelajari mata kuliah hukum terutama dalam masalah piutang lelang negara dan penilaian aset dan properti.

Manajemen Aset juga termasuk jurusan yang paling banyak diminati di STAN. Sedangkan untuk jenjang program studi disini hanya tersedia untuk tingkatan Diploma III saja.

Baca Juga : Bimbel STAN Terbaik

Lulusan STAN Kerja Dimana?

Bagi Anda yang lulus dari PKN STAN, Anda tidak perlu lagi pusing masalah pekerjaan. Pasalnya, pendidikan STAN menggunakan sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No.289/KMK.014/2004 pada tanggal 14 Juni 2004, yaitu tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan Republik Indonesia.

Lulusan STAN wajib kerja selama 3 kali masa pendidikan ditambah 1 tahun. Mahasiswa lulusan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan akan ditempatkan di instansi-instansi pemerintahan dalam lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah lulus pendidikan dan ditempatkan di instansi-instansi tersebut akan diproses pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan ketentuan sebagai berikut :

     Golongan II/a untuk lulusan Program Studi Diploma I g

     Golongan II/c untuk lulusan Program Studi Diploma III.

Setelah bekerja dan mengikuti Diklat Prajabatan Tingkat II akan diproses pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan pangkat Pengatur Muda / golongan II/a untuk lulusan Program Studi Diploma I dan pangkat Pengatur / golongan II/c untuk lulusan Program Studi Diploma III.

Bagaimana penjelasan tentang  Bimbel STAN semoga artikel diatas membantu anda menambah wawasan.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar