X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Bimbel STPI Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

 


Apa itu STPI?

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau yang biasa dikenal STPI merupakan sebuah pendidikan tinggi kedinasan yang berada dibawah naungan Kementerian Perhubungan RI dan memiliki tugas pokok dalam penyelenggaraan program pendidikan dalam mencetak sumber daya yang profesional di bidang penerbangan.

Kampus STPI berlokasi di dalam komplek Bandar Udara Budiarto. Memiliki lahan dengan luas sekitar 545 Ha, dan menduduki 4 daerah yaitu Serdang Wetan, Rancagong, Kemuning, dan Palasari di Kec. Legok, kewedanaan Curug, Kab. Tangerang, Prov. Banten. Sebelumnya kami juga mengunggah artikel yang berjudul Bimbel STIS yang bisa anda baca dengan klik link yang tertaut.

Sekolah kedinasan STPI ini pada awalnya bernama Akademi Penerbangan Indonesia (API). Kemudian pada tahun 1954, API dipindahkan dari Jakarta menuju kampusnya yang baru, yaitu daerah Kec. Legok, Tangerang atau yang lebih dikenal oleh masyarakat penerbangan dengan sebutan kampus Curug.

Perubahan nama ini terjadi tepatnya pada tahun 1969, yang sebelumnya bernama Akademi Penerbangan Indonesia (API) berubah menjadi Lembaga Perhubungan Udara (LPPU). Dan pada tahun 1978, lembaga pendidikan ini berubah nama menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP). PLP sendiri pada saat itu merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Badan Diklat Perhubungan.

Pada tahun 2000, kembali terjadi perubahan nama dari PLP menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), sampai dengan saat ini. Keberadaan STPI ini berdasarkan Keputusan Presiden RI dan Menteri Perhubungan No. 43 tahun 2000 tentang Sekolah TInggi Penerbangan Indonesia. Selanjutnya, Keputusan Menteri Perhubungan No. 64 tahun 2000 tentang Organisasi dan tata kerja Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Kemudian disusul oleh Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK. 29/DL.003/Diklat-2001 tentang Statuta Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.

Jurusan dan Program Studi di STPI Curug

Terdapat 4 Jurusan yang ada di STPI Curug,  yaitu; Jurusan Penerbang; Jurusan Teknik Penerbangan; Jurusan Keselamatan Penerbangan; Jurusan Manajemen Penerbangan

Setiap jurusan tersebut terbagi ke dalam beberapa program studi sesuai dengan minat dan bakat  para peserta pendidikan dan pelatihan. Kurikulum dan silabus pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh STPI Curug berdasarkan standar Departemen Pendidikan Nasional RI dan internasional, sehingga STPI Curug dapat mencetak lulusan yang berkompeten dan mampu bersaing baik di kancah nasional maupun internasional.

Pola pendidikan dan pelatihan untuk para peserta didik mengacu pada pola pendidikan akademis, fisik, mental dan juga kedisiplinan. Oleh karena itu, setiap peserta didik diharuskan untuk tinggal di asrama selama diklat berlangsung dengan pengawasan dari para pembimbing.

Berikut kami rangkum Jurusan dan Program Studi di STPI Curug yang di dapat dari berbagai sumber:

Baca Juga : Bimbel STPI Terbaik

Jurusan Penerbang

Di Jurusan ini, para Taruna akan dididik dan dilatih menjadi Penerbang yang profesional berkualifikasi Commercial Pilot Licence, Multi Engine, dan Instrument Rating.

Jurusan ini terdiri dari 3 Program Studi, yaitu; Program Studi Penerbang Sayap Tetap; Program Studi Penerbang Sayap Putar; Program Studi Flight Operation Officer/Operasi Pesawat Udara

Jurusan Teknik Penerbangan

Di Jurusan ini, para Taruna akan dididik dan dilatih menjadi calon Teknisi pesawat udara, telekomunikasi dan navigasi udara, listrik dan mekanikal bandar udara serta teknisi bangunan dan landasan.

Jurusan ini terdiri  dari program 5 studi, yaitu Program Studi Teknik Pesawat Udara; Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara; Program Studi Teknik Listrik Bandar Udara; Program Studi Teknik Mekanikal Bandar Udara dan Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan.

Jurusan Keselamatan Penerbangan

Di Jurusan ini, para Taruna akan dididik dan dilatih menjadi peserta didik yang memiliki keterampilan dan pengetahuan di bidang keselamatan penerbangan.

Jurusan ini terdiri  dari 4 program studi, yaitu; Program Studi Pemanduan Lalu Lintas Udara; Program Studi Penerangan Aeronautika; Program Studi Komunikasi Penerbangan; Program Studi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan.

Jurusan Manajemen Penerbangan

Di Jurusan ini, para Taruna akan dididik dan dilatih menjadi profesional dan berkompeten di bidang operasi dan administrasi penerbangan.

Jurusan ini terdiri  dari 3 program studi, yaitu; Program Studi Operasi Bandar Udara; Program Studi Administrasi Perhubungan Udara; Program Studi Manajemen Transportasi Udara.

Fasilitas Pendidikan dan Pelatihan di STPI

Setiap jurusan di STPI telah dilengkapi dengan fasilitas kelas dan laboratorium masing-masing. Kelas dan laboratorium ini merupakan fasilitas yang disediakan dan dapat digunakan oleh para taruna maupun taruni yang sedang mengemban pendidikan di STPI.

Berikut kami sajikan fasilitas yang didapatkan dari masing-masing jurusan:

1. Jurusan Penerbang

Jurusan Penerbang di fasilitasi 9 ruang kelas dan 2 laboratorium, yaitu Radio Telephony dan Aircraft Link Simulator jenis TB-10, Sundowner dan TBM-700

2. Jurusan Teknik Penerbangan.

Jurusan ini di fasilitasi dengan 13 ruang kelas dan 18 laboratorium, antara lain ; General Workshop; Sheet Metal Shop; Gas Turbine Engine Shop;  Electronic Shop; Digital Shop; NDB/VOR/DME Shop; Electrical Machinery Shop; Electrical Installation Shop; Air Conditioning Shop; Electrical Shop; Physic Shop; Airport Lighting Shop; Aircraft Instrument Shop; Hydraulic Shop; Welding Shop; Generator Set Shop; Computer Shop dan Drawing Shop.

3. Jurusan Keselamatan Penerbangan

Jurusan ini di fasilitasi dengan 15 ruang kelas dan 7 laboratorium, yaitu ATC Simulator; Junior ATC Laboratory; Senior ATC Laboratory; ATC Radar Laboratory; Kendaraan PKP-PK; AMSS Laboratory; Computer Laboratory.

4. Jurusan Manajemen Penerbangan

Jurusan ini di fasilitasi dengan 5 ruang kelas dan  laboratorium komputer.

5. Fasilitas Lainnya

Selain kelas dan laboratorium, masing-masing jurusan tersebut juga memiliki Laboratorium terbuka, yaitu Bandara Budiarto. Laboratorium tersebut dijadikan sebagai sarana pendidikan dan pelatihan yang mengkondisikan keadaan sesungguhnya dari suatu Bandar udara.

Kemudian fasilitas lainnya yaitu Laboratorium Bahasa yang memiliki kapasitas 30 orang. Rencana pengembangan laboratorium bertujuan untuk pengadaan laboratorium bagi jurusan Penerbang dan Teknik Penerbangan berbasis komputer yang nantinya diakses tidak hanya pada lingkungan STPI saja, melainkan dapat diakses melalui internet.

Bagaimana penjelasan artikel diatas yang berjudul Bimbel STPI semoga artikel diatas menambah wawasan anda.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar