X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

CPNS Jateng Sepi Pendaftar Setelah 3 Hari Dibuka

CPNS Jateng Sepi Pendaftar Setelah 3 Hari Dibuka

CPNS Jateng Sepi Pendaftar Setelah 3 Hari Dibuka-
Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Provinsi Jawa Tengah telah dibuka pada 11 November lalu. Namun sejak tiga hari pendaftaran dibuka, baru 322 orang pendaftar yang sudah memasukkan berkas ke panitia.

Sebelum lanjut, kami Komunitas Abdi Negara menyediakan Seminar Strategi Lulus dan Masuk CPNS. Silakan Anda periksa jika Anda tertarik. Sekarang akan kami lanjutkan tentang CPNS Jateng Sepi Pendaftar Setelah 3 Hari Dibuka.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Wisnu Zaroh mengungkapkan pendaftar CPNS sampai saat ini memang belum signifikan. "Sampai hari ini, baru 322 pendaftar yang sudah masuk. Terdiri atas 318 pendaftar untuk formasi umum dan empat dari formasi cumlaude. Itu data pagi pukul 08.00 WIB, mungkin saat ini sudah ada perkembangan," ujar Wisnu di Kantor Gubernur Jateng, Rabu (13/11).

Wisnu melanjutkan, biasanya lonjakan pendaftar terjadi pada pertengahan hingga akhir jadwal pendaftaran. Hal itu justru akan membuat server terbebani dan kemungkinan besar berpotensi gagal upload berkas.

"Oleh sebab itu, kami ingatkan kepada masyarakat untuk sesegera mungkin mendaftar. Jangan tunggu sampai akhir karena berhubungan dengan server," ujarnya.

Disinggung terkait berbagai masalah yang terjadi dalam rekrutmen CPNS 2019, keluhan dan pertanyaan banyak terkait persyaratan. Padahal semua persyaratan sudah disampaikan jauh-jauh hari.

"Mayoritas soal persyaratan. Misalnya tanya umur, apakah bisa usia 35 tahun lebih satu bulan ikut mendaftar. Jelas tidak boleh karena persyaratan usia maksimal 35 tahun," tegasnya.

Sementara itu, perihal proses verifikasi data pelamar dilakukan pada Kamis, 14 November. Nantinya, bagi pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) pada seleksi administrasi, akan diberikan waktu sanggah maksimal tiga hari pasca pengumuman.

"Untuk menghindari terjadinya ketidakpuasan putusan hasil seleksi administrasi, instansi diberikan waktu maksimal tujuh hari untuk menjawab sanggahan tersebut. Pelamar diimbau untuk mempersiapkan dokumen-dokumen dengan baik dan hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wisnu juga mengingatkan kepada calon pelamar untuk mewaspadai penipuan atau calo CPNS. Sebab dipastikan semua proses rekrutmen CPNS dilakukan secara transparan, accountable, bebas biaya, serta tidak ada yang melalui 'jalur dalam'. Dirinya menegaskan bahwa tidak ada satu pun yang bisa lolos tanpa mengikuti seleksi.

"Jika pelamar menemui masalah atau kurang memahami penjelasan yang tersedia, silakan buka kanal WhatsApp chat di nomor 0813-2771-5785, Telegram grup https://t.me/JTG19, atau call center 0813-2771-5786," ujarnya.

Oknum Curang Bakal Ditindak
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo siap menindak tegas oknum yang mengaku bisa memuluskan seseorang untuk menjadi CPNS. Ganjar bahkan telah menyiapkan sejumlah simulasi untuk menghindari kekacauan saat rekrutmen CPNS berlangsung.

"Saya mengingatkan, karena ini benar-benar transparan. Harapan saya, hindari calo. Nanti kita akan umumkan kalau di Jawa Tengah ke mana harus melapor karena ada help desk-nya, termasuk menggunakan teknologi informasi. Mudah-mudahan lancar," ujar Ganjar.

Ganjar juga mewanti-wanti jika ada oknum yang menyodorkan 'tarif', bisa dipastikan itu adalah calo. Untuk yang seperti itu, Ganjar tidak segan-segan untuk menyerahkannya kepada pihak yang berwajib.

"Masyarakat saya minta untuk turut aktif melaporkan jika ada oknum yang menawarkan jasanya," ujarnya.

Sekadar informasi, Pendaftaran CPNS 2019 di lingkungan Pemprov Jateng bakal dibuka 15 hari, terhitung sejak 11 November. Sebanyak 1.409 formasi dibuka untuk CPNS Pemprov Jateng, sementara Pemkab/Pemkot se-Jateng dibuka 13.590 formasi.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk melamar CPNS Jateng? Bila tertarik, kami sarankan Anda untuk segera menyiapkan diri dan segera mendaftar demi masa depan Anda. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda.
Related Posts

Related Posts