[Merchandise][bsummary]
[Review][bigposts]

Kekuatan Alutsista TNI Angkatan Udara


KEKUATAN ALUTSISTA TNI ANGKATAN UDARA

Sebelumnya kami telah membahas Kekuatan AlutsistaTNI Angkatan Darat yang tidak kalah hebat dibandingkan negara lainnya. Selain senjata yang dimiliki oleh TNI AD, Anda pun perlu tahu tentang alat utama sistem persenjataan atau biasa dikenal dengan alutsista yang dimiliki oleh TNI Angkatan Udara. Apakah Anda telah mengetahui salah satunya?

Inilah Alutsista TNI Angkatan Udara yang perlu Anda tahu!

Membicarakan TNI (Tentara Nasional Indonesia) tidak lepas dari pembahasan tentang alat utama sistem senjata (Alustsista) yang dimiliki. Demi pertahanan negara, TNI yang  berperan untuk menjaga keamanan negara pun, dituntut untuk memiliki Alutsista canggih dan modern. Alutsista yang mutakhir, mampu mendukung performa TNI dalam menjaga kedaulatan negara dari ancaman negara asing.
kekuatan alutsista TNI AU
sumber: Antara/ Widodo S. Jusuf
Helikopter merupakan salah satu alutsista yang dimiliki oleh TNI AU. Jenis helikopter yang dimiliki oleh TNI AU salah satunya adalah Helikopter Apache AH 64E. Helikopter ini merupakan kendaraan canggih produksi Amerika Serikat. Sejauh ini, Indonesia telah memiliki delapan uni Heli Apache AH 64E dengan teknologi yang lebih mutakhir dibandingkan Singapura. Apache pun merupakan helikopter digital pertama yang dimiliki TNI.

Selain itu, untuk modernisasi alutsista tempur udara, TNI AU memiliki pesawat tempur Sukhoi SU-35 buatan rusia. Pesawat tempur ini pun dilengkapi sejumlah kemampuan, mulai dari pengingatain (reconnaissance), pertempura udara (dog fight) hingga penyusupan. Pesawat tempur ini dapat disebut sebagai pesawat multi-peran yang cocok dengan ruang udara Indonesia.

Tidak hanya Sukhoi, TNI AU juga mengoperasikan jet tempur F-16 untuk menjaga wilayah udara Indonesia. Pesawat jet tempur ini adalah buatan Amerika Serikat yang telah dilengkapi sistem avionic (perangkat elektronik). Kapasitas fungsi bertempur air to air (antar udara) hingga air to ground (udara ke tanah) dalam pesawat jet tempur ini pun bertambah, berkat kapasitas angkut misilnya yang sanggup membawa beban hingga 9 ton.

Untuk menghadapi kontur medan di Indonesia yang didominasi oleh pegunungan dan perbukitan, TNI AU memiliki pesawat serang dengan kemampuan anti-gerilya. Salah satu yang dimiliki oleh TNI AU adalah pesawat anti-gerilya EMB-314 Super Tucano. Alutsista buatan Embraer, Brazil memiliki kemampuan seperti COIN (Counter Insurgency) atau pesawat anti perang gerilya.

Sedangkan untuk misi penyelamatan serta mendukung kebutuhan tempur, TNI AU pun memiliki alutsista berjenis H225M yang difokuskan untuk keperluan tugas pencarian dan pertolongan (SAR) dalam kondisi tempur. Helikopter ini termasuk dalam varian keluarga helicopter multi-peran Super Purna.

Terakhir, TNI AU memiliki Wing Loong I buatan cina, guna kebutuhan pesawat intai tanpa awak (drone). Pesawat tersebut adalah unmanned aerial vehicle (UAV) yang merupakan besutan perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan milik negara Aviation Industry Corporation of Chine (AVIC). Jangkauan yang dimiliki Wing Loong I memiliki jangkauan maksimum sekitar 200 km dan daya tahan terbang sekitar 20 jam.

Itulah kekuatan alutsista TNI Angkatan Udara yang perlu Anda tahu. Meningkatkan kualitas alutsista berguna bagi meningkatkan kedaulatan negara. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jaya selalu alat utama senjata TNI Angkatan Udara!

Salam Hangat,


[TNI][twocolumns]