[Merchandise][bsummary]
[Review][bigposts]

Kekuatan Alutsista TNI Angkatan Darat


KEKUATAN ALUTSISTA TNI ANGKATAN DARAT

Jika Anda telah paham dengan Peran PNS, TNI,dan POLRI pada pembahasan sebelumnya, maka Anda pun perlu tahu tentang alat utama sistem persenjataan atau biasa dikenal dengan alutsista. Nah, tahukah Anda jika TNI Angkatan Darat di Indonesia memiliki alutsista yang tidak kalah gaharnya dibandingkan dengan negara lain?

Inilah Alutsista TNI Angkatan Darat yang perlu Anda tahu!

Membicarakan TNI (Tentara Nasional Indonesia) tidak lepas dari pembahasan tentang alat utama sistem senjata (Alustsista) yang dimiliki. Demi pertahanan negara, TNI yang  berperan untuk menjaga keamanan negara pun, dituntut untuk memiliki Alutsista canggih dan modern. Alutsista yang mutakhir, mampu mendukung performa TNI dalam menjaga kedaulatan negara dari ancaman negara asing.

Tank merupakan salah satu alutsista yang dimiliki oleh TNI. Untuk TNI Angkatan Darat, memiliki dua varian Tank Leopard, yaitu 42 unit Tank Leopard jenis 2A4 dan 61 unit Tank Leopard 2Ri. Kendaraan tersebut dibekali berbagai teknologi modern, seperti night vision tank yang telah teruji dalam medan tempur di Suriah.
alutsista TNI AD
sumber: inews.id
Jumlah tank yang dimiliki TNI AD, dalam Minimum Essential Force (MEF) adalah 164 unit Tank Leopard. Tank tersebut ditempatkan di Batalyon Kavaleri (Yon Kav) di Jakarta dan Jawa Timur.

Selain tank, TNI AD memiliki Multiple Launcher Rocket System (MLRS) Astros II MK 6 AV-LMU. Alutsista ini merupakan peluncur roket buatan Brazil yang dioperasikan oleh Arteri Medan (Armed) TNI AD. Bentuknya hampir menyerupai sebuah truk yang memiliki bak terbuka. Senjata ini mampu meluncurkan 32 roket dalam waktu enam detik. Seddangkan untuk daya ledak hampir dua hectare. Alat ini pun digadang-gadang mampu melumpuhkan basis pertahanan musuh.

Tidak hanya tank dan peluncur roket, TNI AD memiliki Mistral platform Atlas dan sistem rudal starstreak. Mistral platform Atlas (Advanced Twin Launcher Anti-Air Strike) adalah rudal pertahanan udara buatan Perancis. Alat ini diletakkan di atas Komodo 4x4 buatan PT. Indad. Sedangkan sistem rudal starstreak yang dimiliki TNI AD, diantaranya adalah Rudal MMS Starstreak (MMS) dan rudal Lightwieght Multiple Launcher (LML). Starstreak buatan Inggris. Alutsista ini memiliki jarak jangkau hingga 7.200 meter.
alutsista TNI AD
sumber: inews.id
Alutsista lain yang dimiliki oleh TNI AD, yaitu meriam. Meriam yang dimiliki oleh TNI AD, diantaranya adalah Meriam Caesar 155 dan Meriam GS M109. Meriam Caesar diproduksi oleh Nexter System Perancis. Dalam pengoperasiannya, meriam ini dapat dioperasikan 3 sampai 5 orang. Jarak tembaknya hampir mencapai 42 km menggunakan Extended Range, Full Bore (ERFB) shell.

Jika Meriam GS M109 memiliki jarak tempuh hampir 42 km, meriam jenis GS M109 dari Belgia memiliki jarak tembak proyektilnya hingga 30 km menggunakan RAP (Rocket Assisted Projectile). Tata letak meria ini pun dapat diatur pada ruang M109. Pengemudi alutsista ini dilengkapi dengan 3 unit periskop untuk membantu memantau kondisi malam hari.

Meriam GS M109 milik TNI AD ini pun dipersenjatai Browing M2HB Kaliber 12,7 mm sampai peluncur granat. Ditinjau dari aspek fire power, M109 mengadopsi jenis L/39 Howitzer M185 kaliber 155 mm. Jarak tembak konvensionalnya mencapai 18 km.

Itulah kekuatan alutsista TNI Angkatan Darat yang perlu Anda tahu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jaya selalu alat utama senjata TNI Angkatan Darat!


Salam Hangat,


[TNI][twocolumns]