[Berita][bsummary]
[Review][bigposts]

Tips Mengerjakan Tes Analogi Polri


TIPS MENGERJAKAN TES ANALOGI POLRI

Sebelumnya kami telah membahas tentang Tips Mengerjakan Soal Deret Angka Polri yang berguna untu Anda tilik. Sehingga, persiapan Anda sebelum mengikuti tes semakin mantap dan dapat mengerjakannya dengan muda.

Tidak hanya soal deret angka yang perlu Anda kerjakan dalam seleksi penerimaan Polri. Namun, Anda juga akan dihadapkan untuk mengerjakan tes analogi. Apakah Anda tahu apa itu tes analogi?

Tes analogi digunakan untuk mengukur kemampuan Anda dalam mengartikan makna, fungsi dan pemakaian kata yang memiliki padanan hubungan fungsi atau analogi dengan kata yang ditulis Huruf Kapital. Sedangkan menurut KBBI, Analogi adalah kesepadanan antara bentuk bahasa yang menjadi dasar terbentuknya bentuk lain.

Dalam tes analogi, kemampuan daya nalar Anda dibutuhkan agar dapat mengerjakan soal tersebut. Agar Anda dapat mengerjakan soal analogi secara cepat dan tepat, diperlukan latihan yang rutin karena dapat membuat terbiasa, sehingga mampu mengerjakannya dengan mudah. Selain latihan, Anda harus mengetahui apa saja Tips Mengerjakan Tes Analogi Polri.

Tips mengerjakan soal analogi sangatlah penting. Lebih dari sekesar memiliki keragaman kosa kata, tes analogi juga mendorong untuk membuat para peserta lebih kritis, seperti mencari konsep tentang analogi keadaan, analogi hasil hasil, analogi peralatan, analogi hasil, analogi sebab-akibat, analogi waktu, analogi bentk dan lain sebagainya. Di bawah ini, adalah tips yang perlu Anda tahu agar dapat memudahkan dalam mengerjakan soal analogi:.

Tips 1. Carilah hubungan kata pada jawaban yang akan Anda pilih yang searah atau sejalan dengan kata pada soal.

Tips 2. Carilah kata kunci atau hubungan yang unik dari dua kata atau lebih yang telah diberikan.

Tips 3. Jika kata dalam soal mempunyai makna atau arti khusus, maka hal itu akan memudahkan Anda dalam menemukan hubungan antarkata dengan tepat. Namun, jika hubungan antarkata memiliki makna atau arti yang umum, maka pilihlah jawaban yang tepat dengan soal tidak mudah ditemukan.

Tips 4. Jika Anda telah menemukan hubungan kata pada soal dengan kata pada jawaban, tetapi belum mengetahui jawaban yang tepat, maka Anda dapat membuat kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan hubungan kata yang telah Anda temukan. Jika dua kalimat tersebut mempunyai makna yang kurang lebih sama, maka kata tersebut adalah jawabannya. Namun, apabila hal tersebut berlaku sebaliknya, kata yang Anda buat menjadi kalimat tersebut bukanlah jawabannya, Anda harus memikirkan kata yang tepat dan menyusunnya menjadi kalimat.

Demikianlah Tips Mengerjakan Tes Analogi Polri yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu agar proses tes seleksi POLRI yang diikuti dapat berjalan lancar!

(Hubungi Sekarang Juga! WhatsApp: 0877-6349-5838)

Salam hangat,

[TNI][twocolumns]