[Merchandise][bsummary]
[Review][bigposts]

Tips Mengerjakan Soal Deret Angka Polri


TIPS MENGERJAKAN SOAL DERET ANGKA POLRI

Setelah mengetahui tentang Bimbel TNI & POLRI Sulawesi Tenggara Terpercaya, Anda pun juga perlu tahu tentang bagaimana tips mengerjakan soal-soal psikotes yang pasti keluar­ dalam seleksi tes masuk POLRI.

Dalam mengerjakan soal psikotes, salah satu soal yang perlu Anda perhatikan adalah soal deret angka. Anda akan disuguhkan dengan barisan angka yang berbeda untuk kemudian dilengkapi deretan angka yang belum lengkap. Apakah Anda tahu apa itu deret angka dalam soal psikotes?

Deret merupakan jumlah dari semua bilangan dalam suatu barisan tertentu. Sedangkan barisan, merupakan suatu susunan dalam bilangan yang dibentuk menurut pola urutan tertentu. Bilangan-bilangan yang terbentuk seperti itu disebut suku.

Perubahan diantara suku-suku berurutan terjadi akibat adanya pengurangan, pembagian, penambahan, atau kelipatan bilangan tertentu. Jika barisan yang suku berurutannya memiliki selisih yang tetap atau sama, maka barisan seperti itu disebut barisan aritmetika. Sedangan jika dalam suatu barisan yang suku berurutannya mempunyai kelipatan bilangan sama atau tetap, maka barisan seperti itu disebut barisan geometri.

Soal deret angka mungkin akan terlihat mudah untuk Anda, tetapi Anda pun perlu memperhatikannya dengan teliti. Sebab, terdapat pola bilangan tertentu yang perlu dilengkapi.

Untuk mengerjakan soal deret angka agar bisa cepat dan tepat, diperlukan latihan yang rutin karena dapat membuat terbiasa, sehingga mampu mengerjakannya dengan mudah. Selain latihan, Anda harus mengetahui apa saja Tips Mengerjakan Soal Deret Angka Polri.

Tips mengerjakan soal deret angka sangatlah penting. Di bawah ini, adalah tips yang perlu Anda tahu agar dapat memudahkan dalam mengerjakan soal deret angka.

Tips 1. Pastikan untuk menyesuaiakan angka dengan pola-pola di setiap soal
Pada umumnya, deret angka menyajikan pola pengurangan atau penambahan nilai. Sehingga Anda dapat memperhatikan selisih dari pengurangan atau penambahan nilai yang ada pada deret angka.
Barisan seperti 3,6,10,15,… mempunyai keteraturan karena beda suku ke dua dengan suku pertama adalah 3, beda dari suku ke tiga dengan suku ke dua adalah 4, beda suku ke empat dengan ketiga adalah 5. Jadi, setiap kenaikan suku penjumlahannya pun ikut ditambahkan dan akan terlihat keteraturan polanya. Barusan tersebut bukan merupakan barisan aritmetika dan geometri.

Tips 2. Perhatikan selisih deret angka
Tidak semua perbandingan dalam pengurangan atau penambahan angka memiliki jumlah yang sama. Terkadang, terdapat pola perbandingan yang berbeda. Untuk itu, Anda harus teliti dalam menentukan penambahan atau pengurangan angka yang ada.
Tips mengerjakan soal deret angka polri
Deret angka yang memiliki selisih 3


 
Dalam selisih angka pada deretan angka, terdapat dua jenis, yaitu barisan berderajat satu dan berderajat dua. Barisan berderajat satu memiliki selisih yang tetap, sedangkan barisan berderajat dua merupakan selisih tetap yang diperoleh pada dua tingkat pengurangan.

Tips 3. Pastikan pola hitungan
Pola hitungan dalam deret angka tidak hanya pengurangan atau penambahan, tetapi juga perkalian. Dalam soal deret angka, pola hitungan dapat juga merupakan kombinasi antara perkalian dan penambahan ataupun pengurangan. Sehingga, Anda harus teliti dalam menentukannya.


Demikianlah Tips Mengerjakan Soal Deret Angka Polri yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu agar proses tes seleksi POLRI yang diikuti dapat berjalan lancar!
Salam Hangat,


[TNI][twocolumns]