[Berita][bsummary]
[Review][bigposts]

Pangkat Taruna Akpol


PANGKAT TARUNA AKPOL

Sebelumnya kami telah membahas tentang Tips Mengerjakan Soal Sinonim/Antonim yang berguna untu Anda pelajari. Sehingga, persiapan Anda sebelum mengikuti tes semakin mantap dan dapat mengerjakannya dengan mudah.

Setelah mengetahui berbagai informasi tentang tips dan trik mengerjakan soal-soal pada setiap jenis ujian polri, Anda pun wajib tahu tentang berbagai tingkatan pangkat taruna yang terdapat dalam Akademi Polisi (AKPOL).

Akademi Kepolisian adalah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri. Jika Anda merupakan calon taruna taruni Akpol, Anda diharapkan dapat menjadi lulusan penyelidik dan penyidik Polri, pemimpin yang berkarakter melindungi, mengayomi dan melayani. Selain itu, menjadi perwira Polri diharapkan dapat memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta penegak hukum yang berkeadilan.

Besama dengan Akademi Polisi (AKPOL), POLRI telah memformulasikan standar kompetensi lulusan untuk Taruna Akpol yang telah ditetapkan dengan Keputusan Kalemdikpol Nomor: Kep/202/VI/2011 Tanggal 14 Juni 2011, yaitu:

1. Mampu melaksanakan tugas sebagai Inspektur Polisi yang memiliki kepribadian luhur, mental tangguh dan kesamaptaan prima dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok kepolisian.
2. Mampu melaksanakan tugas sebagai inspektur Polisi yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan pemeliharaan dan ketertiban masyarakat, penegak hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.
3. Mampu melaksanakan tugas sebagai Inspektur Polisi yang memiliki kemampuan untuk merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengendalikan dan mengkoordinasikan tugas pokok kepolisian dalam rangka menangkal timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban serta penyakit masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan.

Dalam Akpol, terdapat beberapa tingkatan taruna yang penting untuk kamu ketahui. Berikut ini pangkat taruna Akpol:

1. Calon Bhayangkara Taruna (Cabhatar) dalam bahasa Inggris disebut dengan Cadet Enlisted Candidate ditempuh pada awal semester I selama 4 bulan pada saat Dikcandrabhara.

2. Bhayangkara Dua Taruna (Bharadatar) atau dalam bahasa Inggris disebut Cadet Enlisted Second Class ditempuh pada akhir semester I selama 2 bulan sebanyak 22 SKS.
  
3. Bhayangkara Satu Taruna (Bharatutar) atau Cadet Enlisted First Class ditempuh pada semester II selama 6 bulan sebanyak 21 SKS.


4. Brigadir Dua Taruna (Brigdatar) atau Cadet Brigadier Second Class ditempuh selama 1 tahun atau 2 semster. Pangkat tersebut dicapai selama semester III dengan 20 SKS dan semester IV dengan 22 SKS.

5. Brigadir Satu Taruna (Brigtutar) atau Cadet Brigadier First Class ditempuh selama 1 tahun atau 2 semester. Atau semester V dengan 21 SKS dan semester VI dengan 22 SKS.

6. Brigadir Taruna (Brigtar) atau disebut Cadet Brigadier ditempuh selama 1 tahun atau 2 semester atau setara dengan semester VII dengan 21 SKS dan semester VIII dengan 4 SKS.

Setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun, output dari Akpol mempunyai pangkat IPDA (Inspektur Polisi Dua) dan mempunyai gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.ik). Demikianlah penjelasan tentang Pangkat Taruna AKPOL yang perlu Anda ketahui. Sukses selalu untuk setiap perjalanan pendidikan Apol yang sedang Anda lakukan. Salam semangat!

"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 087763495838
CS 2: 087763495838
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

[TNI][twocolumns]