[Berita][bsummary]
[Review][bigposts]

Mengenal Biografi dan Masa Kecil Ir. Soekarno untuk Indonesia

Biografi Ir. Soekarno

Mengenal Biografi dan Masa Kecil Ir. Soekarno untuk Indonesia -

Selamat datang di website kami abdinegaranews.web.id , Website kami akan membantu Anda menyelesaikan permasalahan Anda terkait tidak mengetahui tentang biografi Ir. Soekarno,  Anda tidak perlu risau dengan permasalahan yang membelit Anda. Anda hanya perlu membaca artikel ini sampai selesai yang bisa diakses melalui website kami. Lanjut terus sampai bawah ya.

Siapa Ir. Soekarno?

Siapa yang tidak kenal dengan Soekarno? Sang Orator, Proklamator Presiden Pertama Indonesia. Pada kesempatan ini, kita akan membahas biografi tokoh paling berpengaruh di Indonesia yaitu biografi Soekarno. Soekarno merupakan salah satu sosok yang tersohor dan dikagumi di Indonesia dan dunia. Beliau merupakan orator ulung yang menyampaikan pidato dengan isi yang menginspirasi dan membakar semangat dan membangkitkan jiwa perjuangan anak muda dimasanya.

 

Hingga kini pidato soekarno masih sangat menarik dan disukai karena membangkitkan perjuangan generasi muda.  Selain sosok orator ulung, Soekarno merupakan salah satu founding father atau bapak pendiri bangsa Indonesia yang ikut merumuskan dan membacakan proklamasi kemerdekaan indonesia pada tahun 1945. Sebagai presiden pertama Indonesia, Soekarno sangat disegani oleh pemimpin negara lain dimasa itu.

 

Memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik, bahkan beliau mampu menguasai banyak bahasa sehingga dikenal kecerdasannya oleh pemimpin negara lain. Kisah dan sepak terjangnya memang sangat menarik untuk disimak. Beragam cerita dan sejarah yang tercatat, dari hal-hal yang misterius hingga kecerdasannya melobi banyak orang.

 

Berikut Biografi Soekarno Sang Orator, Proklamator Presiden Pertama Indonesia:

Biografi Soekarno

·         Nama lengkap : Ir. Soekarno

·         Nama panggilan : Bung Karno

·         Nama kecil : Kusno

·         Tempat, tanggal lahir : Blitar, 6 Juni 1901

·         Agama : Islam

·         Nama Isteri :

o   Fatmawati

o   Hartini

o   Ratna Sari Dewi

·         Nama Anak :

o   Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, Guruh (dari Fatmawati)

o   Taufan, Bayu (dari Hartini)

o   Kartika (dari Ratna Sari Dewi)

·         Pendidikan :

o   HIS di Surabaya

o   Hoogere Burger School (HBS)

o   Technische Hoogeschool (THS) di Bandung

·         Meninggal : 21 Juni 1970

·         Dimakamkan : Blitar, Jawa-Timur

 

Biografi dan Masa Kecil Ir. Soekarno

Biografi dan Masa Kecil Ir. Soekarno

Mengetahui Biografi Soekarno dari kecil akan lebih menarik. Panggilan akrab dan populer Soekarno adalah Bung Karno. Beliau lahir dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai pada tanggal 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur dengan mana Koesno Sosrodihardjo karena sering sakit di masa kecil yang menurut kepercayaan dikala itu, disebabkan karena namanya tidak sesuai, maka kemudian berganti nama menjadi Soekarno.

Ibu Seokarno, Ida Ayu Nyoman Rai merupakan bangsawan bali yang bertemu dengan ayah Soekarno ketika menjadi guru di bali. Semasa kecil Soekarno tidak tinggal bersama dengan orang tuanya, namun ia tinggal bersama kakeknya yang bernama Raden Harjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur. Sementara kedua orang tuanya tinggal di Blitar.
 Semasa tinggal bersama kakenya, Soekarno sempat sekolah walaupun tidak sampai menyelesaikan pendidikan disana, karena harus ikut bersama orang tuanya yang pindah ke Mojokerto. 


Secara keturunan memang beliau merupakan golongan bangsawan, baik dari silsilah ayah maupun ibunya. Lantas apakah kehidupan yang Soekarno rasakan layaknya seorang bangsawan? hal ini memang menarik untuk ditelusuri. Pada kenyataannya Soekarno lahir di era sebelum kemerdekaan Indonesia dimana masa-masa sulit banyak dirasakan oleh kalangan masyarakat tidak terkecuali keluarga Soekarno.


Soekarno kecil tidak memiliki sepatu, mandi bukan dengan air yang mengalir dari keran seperti yang kita rasakan pada jaman sekarang. Makan selalu menggunakan tangan menjadi pilihan karena tidak memiliki sendok. Semua kondisi sulit di era sebelum kemerderkaan Indonesia. Seperti diketahui ayahnya yang mengajar sebagai guru hanya mendapatkan 25 Gulden Belanda. Gaji tersebut harus dipotong untuk menyewa rumah di jalan pahlawan 88 surabaya sebesar 10 Golden.

Sisanya harus bisa menafkahi keluarga yang berjumlah 4 orang yaitu ayah, ibu, Soekarno dan Soekarmini yang merupakan kakak kandung Soekarno….

 

Terima kasih Anda telah bersedia mengunjungi website kami. Jika Anda tertarik untuk membaca lebih lanjut tentang Biografi dan Masa Kecil Ir. Soekarno, Anda hanya perlu membaca artikel selanjutnya dari artikel ini ya. Anda bisa percayakan info berkualitas ini kepada kami. Dijamin Anda tidak akan menyesal karena Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Kami tunggu membaca semua artikel di web kami ya.


"Untuk Portofolio kami bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan kami bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081217109208
CS 2: 087832410199
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

[TNI][twocolumns]