X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Bimbel Beasiswa S1 Paling Top di Indonesia

 


Apa itu Beasiswa S1?

Jika mendengar kata beasiswa, mungkin yang pertama kali terlintas dipikiran orang-orang baik dari tingkat pelajar hingga mahasiswa adalah gratis biaya pendidikan. Namun, belum afdol rasanya kalau kita tidak membaca langsung pengertian dari sumbernya, yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBB sendiri, yang dimaksud dengan beasiswa itu adalah tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Sebelum lanjut kami juga mengunggah artikel yang berjudul Bimbel ATKP dan PKTJ anda bisa membacanya dengan klik link yang tertera diatas ya. Jika sudah mari kita lanjutkan pembahasan kita.

Nah, dari pengertian beasiswa tersebut, dapat disimpulkan bahwa, beasiswa S1 merupakan sebuah program bantuan biaya kuliah untuk tingkatan Strata Satu atau Sarjana. Penyelenggaraan beasiswa S1 sendiri rutin ditawarkan setiap tahun dari berbagai kalangan, mulai dari lembaga pemerintah, swasta hingga yayasan.

Karena beasiswa  bersifat bantuan, besaran beasiswa yang diberikan pun juga berbeda-beda, ada yang mendapatkan beasiswa setengah dan beasiswa penuh.

Berikut Jenis-Jenis Beasiswa

Setelah mengetahui definisi dari beasiswa, Anda juga wajib tau nih apa saja jenis-jenis beasiswa yang bisa Anda coba. Berikut jenis-jenis beasiswa yang yang telah dirangkum dari beberapa sumber oleh tim kami :

1. Beasiswa Penuh (Full Scholarship)

Jika kita melihat dari jenis pendanaan beasiswa, maka dana yang didapatkan dari beasiswa ini bisa dikatakan sudah meliputi keseluruhan, mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, asuransi, akomodasi, dan fasilitas lainnya. Semua itu tergantung ketentuan dari penyedia beasiswa.

Namun perlu diketahui, bahwa istilah Full Scholarship ini terkadang digunakan oleh pemberi beasiswa untuk menyebut Full Tuition Fee (pembiayaan penuh biaya kuliah). Namun, biaya untuk tempat tinggal, biaya hidup, biaya akomodasi dan lainnya tidak termasuk, melainkan hanya untuk biaya perkuliahan saja.

Jadi, sangat penting untuk memperhatikan keterangan lengkap dari beasiswa yang ingin Anda ambil. Baca dengan seksama dan perhatikan apakah beasiswa yang diberikan meliputi keseluruhan atau sebatas biaya perkuliah saja.

2.   Beasiswa Parsial (Partial Scholarship)

Beasiswa parsial atau yang lebih dikenal dengan beasiswa tidak penuh ini merupakan beasiswa yang diberikan untuk beberapa komponen saja. Ada yang hanya memberikan beasiswa sebatas pada pembebasan biaya kuliah saja tanpa komponen biaya lainnya.

Namun, ada juga yang royal memberikan beasiswa dengan memberikan biaya kuliah, akomodasi, dan biaya tempat tinggal, akan tetapi tidak untuk biaya hidup alias ditanggung oleh penerima beasiswa tersebut. Jika Anda ingin mengikuti beasiswa ini, maka Anda perlu memperhatikan apakah boleh mencari beasiswa dari instansi lain untuk menghandle biaya hidup aja atau yang lainnya.

Beasiswa Berdasarkan Sumbernya

1. Beasiswa Pemerintah

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah pusat langsung atau melalui lembaga-lembaga pemerintahan. Contohnya; Beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan, Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud, Beasiswa PPA, Beasiswa KIP Kuliah dan masih banyak lainnya.

2. Beasiswa Internasional

Beasiswa ini mungkin gak terlalu populer di Indonesia. Namun, perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya beasiswa luar negeri sendiri sangatlah banyak. Contohnya; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho) Jepang; Australia Awards Scholarships; Fulbright Scholarship, Amerika Serikat; Chevening, Inggris; Turkiye Burslari, Turki; Russian Government Scholarship, Rusia dan masih banyak lainnya.

3.   Beasiswa Organisasi

Beasiswa jenis ini biasanya ditawarkan langsung oleh sebuah komunitas atau yayasan tertentu, baik yang bersifat keagamaan, sosial, maupun akademik.

4.   Beasiswa Swasta

Jenis beasiswa ini biasanya diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan lembaga swasta lainnya. Contohnya; Beasiswa Djarum, Beasiswa Sampoerna Foundation, Beasiswa Shell, dan lainnya.

Cara Untuk Mengajukan Beasiswa

Pada dasarnya setiap paket beasiswa yang diberikan memiliki sistem dan aturan tersendiri dari lembaga pemberi beasiswa tentang syarat dan cara mengajukan beasiswa yang diberikan. Jadi, semuanya tergantung dari pemberi beasiswa dan siapa lembaga yang diberi tugas untuk menangani penerimaan beasiswa tersebut.

Namun, secara umum setiap orang mulai dari pelajar hingga mahasiswa yang hendak mengajukan beasiswa harus mempersiapkan hal-hal berikut ini :

1. Syarat-syarat Mengikuti Beasiswa

    Sedang tidak menerima beasiswa dari tempat atau lembaga lain.

    Memiliki komitmen  untuk menyelesaikan pendidikan.

    Berstatus sebagai seorang pelajar (SD/ SMP/SMA) atau sederajat. Kemudian dilengkapi dengan prestasi akademis yang memuaskan atau dengan nilai rata-rata 8, tergantung permintaan.

    Berlatar belakang keluarga kurang mampu atau memiliki kesulitan keuangan.

    Berakhlak dan berperilaku baik.

2. Dokumen yang Perlu Disiapkan

    Surat keterangan dari kepala sekolah bahwa yang bersangkutan masih aktif belajar.

    Surat keterangan dari sekolah bahwa yang bersangkutan tidak sedang dalam menerima beasiswa atau bantuan dari lembaga lain.

    Foto berwarna; ukuran 3x4 (2 lembar)

    Mengisi formulir aplikasi, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris

    Fotocopy  tanda pengenal; KTP atau Kartu pelajar

    Fotokopi Kartu Keluarga

    Rapor atau transkrip nilai dari semester pertama sampai dengan sekarang

    Surat keterangan tidak mampu yang dibuat dari pejabat setempat

Selesai sudah pembahasan tentang Bimbel Beasiswa S1 semoga artikel diatas bisa membantu anda mecari informasi yang dibutuhkan serta bisa menambah wawasan anda, sekian dan Terimakasih.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar