X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Bimbel IPDN Terbaik dan Terpercaya

 


Apa itu IPDN?

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau yang lebih dikenal dengan singkatan IPDN merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan bergerak pada bidang kepamongprajaan.

Lembaga ini didirikan dengan tujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian. Sistem pendidikan di IPDN menerapkan pola Jarlatsuh (pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan) yang akan meluluskan kader-kader pemerintahan. Sebelum ini kami juga mengunggah artikel yang berjudul Bimbel CPNS yang bisa anda baca dengan klik yang tertera. Jika sudah mari kita lanjut ke pembahasannya.

IPDN dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas kampus untuk menunjang kegiatan Praja (sebutan untuk peserta didik). Bimbel IPDN terbilang cukup mumpuni. Saat ini sudah didukung dengan Teknologi Informasi, sehingga layak disebut sebagai smart campus.

Kampus utama IPDN berada di Jatinangor, Kab. Sumedang, Jawa Barat. Namun, kegiatan akademik dari berbagai jurusan yang ada di IPDN juga diselenggarakan di kampus-kampus IPDN lain, diantaranya; Jakarta, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

Fakultas & Program Studi IPDN

Program studi yang ada di IPDN ada tiga, yaitu Program Sarjana Terapan, Program Sekolah Pascasarjana, dan Program Profesi. Berikut kami sajikan ulasan lengkap, yuk! Simak sampai selesai ya.

Program Sarjana Terapan

1.  Politik Pemerintahan

Fakultas Politik Pemerintahan mempelajari bidang politik dan kebijakan pemerintahan secara mendalam serta pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Fakultas Politik Pemerintahan berada di Jatinangor dan menaungi tiga Program Sarjana Terapan.

Adapun program studi atau jurusan tersebut antara lain :

     Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat

     Politik Indonesia Terapan

     Studi Kebijakan Publik

2.  Manajemen Pemerintahan

Prospek kerja IPDN dari Fakultas Manajemen Pemerintahan ini meliputi berbagai sektor yang ada di pemerintahan. Fakultas ini memang lebih diunggulkan dalam ilmu pemerintahan.

Terdapat empat program studi IPDN di Manajemen Pemerintahan. Adapun program studi atau jurusan tersebut, yaitu :

     Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik

     Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintah

     Administrasi Pemerintahan Daerah

     Keuangan Publik

3.  Perlindungan Masyarakat

Fakultas Perlindungan Masyarakat menaungi tiga program studi. Adapun program studi atau jurusan tersebut antara lain :

     Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik

     Studi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

     Praktek Perpolisian Tata Pamong

Program Sekolah Pascasarjana

Untuk jenjang Pascasarjana terdapat dua program studi, yaitu Magister Terapan Studi Pemerintahan dan Doktor Ilmu Pemerintahan

Program Profesi

Untuk jenjang Profesi hanya ada program studi Program Pendidikan Profesi Kepamongprajaan saja.

Lulusan IPDN Kerja Dimana?

Lulusan IPDN memiliki peluang besar untuk tergabung dalam birokrasi pemerintahan yang tersebar di seluruh Indonesia. Terutama pemerintahan yang berada dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Berdasarkan Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 34 Tahun 2019, setiap lulusan dari IPDN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Para Praja yang telah lulus akan ditempatkan di lembaga pemerintahan yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), tugas utama lulusan IPDN tentunya adalah untuk melayani masyarakat.

Setiap lulusan IPDN akan diberikan identitas Nomor Induk Pegawai (NIP) pra pengangkatan menjadi CPNS. Nantinya, Anda juga akan diwajibkan untuk mengikuti masa percobaan, mulai dari orientasi tugas hingga pelatihan prajabatan.

Selain itu, lulusan IPDN juga harus bersedia untuk ditempatkan di daerah manapun di Indonesia. Sesuai peraturan Kemendagri, sekitar 85% dari lulusan IPDN akan ditempatkan untuk bekerja pada instansi daerah atau daerah perbatasan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Lokasi IPDN di Indonesia

Kampus IPDN tak hanya ada di satu wilayah saja, tetapi tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, untuk pusat kampus IPDN sendiri berada di Jatinangor, Jawa Barat.

Berikut kami rangkum lokasi yang didapatkan langsung dari website resmi IPDN

    Kampus IPDN Jatinangor (Pusat), Jl. Ir. Soekarno KM 20, Desa Cibeusi, Jatinangor, Kab. Sumedang.

    Jl. Ampera Raya No.1, RT.1/RW.6, Cilandak Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560.

    Jl. Raya Bukittinggi - Payakumbuh, Tabek Panjang, Kec. Baso, Kab. Agam, Sumatera Barat 26192

    Sul Ambawang Kuala, Kec. Sungai Ambawang, Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat 78241

    Tampusu, Remboken, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara 95681

    Kampili, Kec. Pallangga, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan 92171

    Jl. Gajah Mada No.1, Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83522

    Sentani Tim., Asei Kecil, Kec. Sentani Tim., Kota Jayapura, Papua 99351

 

Bagaimana artikel diatas yang berjudul Bimbel IPDN Terbaik semoga bisa menambah wawasan anda dan informasi yang anda butuhkan.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar