X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Bimbel Kedinasan Paling Diminati di Indonesia

 


Sekolah Kedinasan

Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), sekolah kedinasan juga dapat menjadi pilihan Anda setelah menyelesaikan pendidikan di SMA, MAN, SMK, dan sederajat.

Sekolah Tinggi Kedinasan merupakan sebuah perguruan tinggi yang berada langsung dibawah naungan kementerian atau lembaga pemerintahan. Pada dasarnya, setiap peserta yang berhasil lolos seleksi akan langsung menjalani ikatan dinas. Jadi, setelah lulus dari sekolah kedinasan, maka Anda bisa langsung bekerja dan menjadi aparatur sipil negara (ASN). Sebelum kita lanjutkan pembahasan kita, kami juga mengunggah artikel yang berjudul Bimbel IPDN anda bisa membacanya dengan klik yang tertera.

Persaingan untuk bisa masuk sekolah kedinasan terbilang sangat ketat. Ada banyak hal yang harus disiapkan sebelum mengikuti tes seleksi masuk sekolah kedinasan. Tidak sedikit dari mereka yang mempersiapkannya sejak satu tahun pra seleksi sekolah kedinasan di adakan. Salah satunya adalah dengan mengikuti bimbel kedinasan.

Apa itu Bimbel Kedinasan?

Bimbel Kedinasan merupakan suatu bimbingan belajar dengan target utama agar bisa lolos ujian masuk perguruan tinggi Kedinasan. Pada perguruan tinggi Kedinasan, terdapat dua jenis status kemahasiswaan, yaitu; dengan ikatan dinas dan tanpa ikatan dinas.

Meskipun tanpa ikatan dinas, lulusan sekolah Kedinasan biasanya diprioritaskan untuk diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Inilah yang menjadi alasan utama mengapa sekolah kedinasan tetap menjadi primadona para pelajar Indonesia.

Melihat antusias pelajar untuk masuk sekolah kedinasan begitu banyak, maka tidak  mengherankan jika indeks persaingannya cukup tinggi. Itulah yang menjadi alasan kenapa harus memiliki persiapan yang matang. Jika persiapan dan strategi yang telah disiapkan belum matang, maka akan sangat kecil kemungkinan untuk bisa memenangkan persaingan yang demikian ketat.

Perbedaan Sekolah Kedinasan & Ikatan Dinas

Meskipun sama-sama berlatang belakang institusi pendidikan tingkat lanjut, sekolah kedinasan dan ikatan dinas memiliki beberapa perbedaan yang cukup mendasar. Oleh karena itu, ada baiknya jika calon peserta didik mengetahui perbedaan berikut ini sebelum memutuskan.

Pada dasarnya, Sekolah Kedinasan terdiri dari dua jenis, yaitu Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas dan Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas. Sekolah kedinasan iu adalah sebutan sekolahnya dan ikatan dinas adalah statusnya.

Sederhananya sekolah kedinasan itu merupakan perguruan tinggi yang berada dibawah naungan Kementerian atau Lembaga Pemerintah lainnya, dimana sebagian atau seluruh biayanya ditanggung oleh yang pemerintah. Sedangkan Ikatan Dinas merupakan status dari sekolah kedinasan sangat erat kaitannya dengan masa depan para alumninya setelah lulus.

Jika status sekolah kedinasan tersebut adalah berstatus ikatan dinas, maka para alumni akan diangkat menjadi pegawai di lembaga milik pemerintah. Misalnya IPDN atau STIS. Begitu juga sebaliknya, jika sekolah kedinasan itu berstatus non ikatan dinas, maka mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan nya di sekolah kedinasan terkait hanya akan diberi ijazah sama dengan PTN atau PTS.  Misalnya STAN  dan lainnya. Jadi, jika lulusannya ingin menjadi PNS, maka tetap harus mengikuti seleksi tes terlebih dahulu dan tidak semua lulusannya langsung diangkat menjadi pegawai di lembaga milik pemerintah.

Daftar Sekolah Kedinasan

1.     Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

2.     Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

3.     Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

4.     Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

5.     Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

6.     Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

7.     Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

8.     Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)

9.     Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI)

10.  Politeknik Pemasyarakatan (Poltekip)

11.  Politeknik Imigrasi (Poltekim)

12.  Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

13.  Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI)

14.  Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ)

15.  Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP)

Selesai sudah pembahasan tentang Bimbel Kedinasan Terbaik semoga artikel diatas dapat membantu anda dalam menambah wawasan dan informasi yang anda butuhkan.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar