X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

No.1 Bimbel Masuk PTN Favorit Terpercaya

 


Persiapan Masuk PTN Favorit

Masuk di sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit merupakan salah satu impian bagi sebagian siswa yang mengikuti seleksi SBMPTN. Namun, persaingan seleksi yang begitu ketat masuk ke sebuah PTN menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para peserta yang harus dilewati dengan kerja keras untuk belajar dan usaha yang semaksimal mungkin. Sebelum lanjut kami ingin memberitahu bahwa kami juga mengunggah artikel yang berjudul Bimbel Kedinasan yang bisa and abaca dengan cara klik link yang tertera.

Jika melihat data pada tahun 2019 lalu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mencatatkan bahwa dari jumlah 714.652 peserta yang mengikuti seleksi, ternyata yang lolos seleksi pada 85 PTN sekitar 168.742 orang saja. Sedangkan pada tahun 2020, dari jumlah 702.509 peserta yang mengikuti seleksi, yang lolos seleksi 167.653 orang, artinya yang tidak lolos sebanyak 534.767 peserta.

Hal itu menandakan bahwa, rasio untuk tingkat kegagalan kamu sangat besar. Oleh karena itu, sebagian besar siswa yang tidak mempersiapkan diri dengan baik harus siap menerima keadaan. Bagaimana tidak, kamu harus bersaing dengan ribuan siswa dari berbagai sekolah favorit, tentunya itu merupakan hal yang sangat sulit.

Jadi, sebelum seleksi masuk PTN diselenggarakan, kamu harus mempersiapkannya jauh-jauh hari dengan usaha semaksimal mungkin. Ada begitu banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk belajar maksimal, misalnya belajar melalui buku, ikut bimbingan belajar intensif, dan bisa juga belajar mandiri secara online.

Baca Juga : Bimbel PTN Terbaik

Pilihlah cara belajar yang memang sesuai dengan karakteristik kamu, karena tidak semua orang memiliki cara belajar yang sama. Ada yang gampang memahami materi sehingga lebih memilih belajar mandiri. Namun, jika kamu tidak bisa belajar mandiri, kamu bisa mengikuti bimbel intensif secara konvensional untuk hasil yang maksimal.

Tips Seleksi Masuk PTN Favorite

1. Tentukan PTN yang Akan Dipilih

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk masuk PTN adalah menentukan PTN mana yang akan kamu pilihan. Pada tahap ini, kamu harus menentukan PTN yang akan kamu pilih dan jurusan apa yang akan kamu ambil. Pilihlah jurusan yang memang sesuai dengan minat dan keinginan kamu. Namun, jangan lupa untuk melihat prospek kerja dari jurusan tersebut.

Penentuan jurusan ini cukup penting. Pasalnya, tidak sedikit mereka yang merasa salah jurusan karena tidak mencari informasi mengenai jurusan yang mereka ambil. Jadi, disini kalian harus mempersiapkannya dengan matang-matang agar kalian tidak merasa salah jurusan.

2. Pilihlah Jalur Seleksi yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih jalur seleksi. Terdapat tiga jalur seleksi untuk masuk PTN di Indonesia, yaitu SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri. Setiap jalur seleksi tersebut memiliki karakteristik dan persyaratannya yang berbeda.

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi atau SNBP merupakan seleksi yang ditujukan kepada siswa yang memiliki prestasi di bidang akademik dan non-akademik. Jadi, untuk mengikuti seleksi SNBP, kamu harus memastikan bahwa nilai rapor kamu masuk ke dalam 40 persen tertinggi sekolah dengan akreditasi A, 25 persen untuk sekolah dengan akreditasi B, dan 5 persen untuk sekolah dengan akreditas C.

Selain itu, prestasi non-akademik juga gak kalah penting. Adapun yang dimaksud dengan prestasi non-akademik seperti menjuarai sebuah kompetisi Saintek, Seni Budaya, dan lainya yang nantinya akan menjadi penunjang daya saing di seleksi SNBP.

Selanjutnya, Seleksi Nasional Berbasis Tes atau SNBT. Seleksi jalur ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar kemampuan nalar dan literasi calon peserta didik, dibanding dengan menghafal banyak mata pelajaran tapi tidak mendalam.

Kemudian yang terakhir adalah Seleksi Mandiri. Seleksi jalur ini bertujuan untuk menjaring calon peserta didik dengan profil kompetensi akademik yang sesuai dengan profil dari masing-masing PTN yang ada.

3. Kenali Minat dan Kemampuan Diri

Banyak dari calon peserta yang gagal untuk masuk PTN karena strategi yang kurang tepat dalam memilih program studi. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mengetahui minat kamu sebelum mendaftar.

Disini, kamu harus teliti dalam mengenali kemampuan diri kamu dan melakukan perbandingan dengan program studi dan PTN yang akan dipilih. Lalu, asah kemampuan tersebut sambil mencermati tingkat keketatan prodi.

4. Cari Informasi yang Banyak

Sebelum seleksi diselenggarakan, carilah informasi sebanyak mungkin jauh-jauh hari sebelumnya. Adapun cara yang bisa kamu coba adalah dengan membuka website dari masing-masing kampus, tanyakan ke mahasiswa atau alumni-alumni kampus tersebut jika memang punya kenalan disitu.

Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi di internet. Dengan begitu, informasi yang didapat tentunya akan menambah wawasan informasi dari PTN yang kamu pilih, sehingga kamu bisa lolos dan diterima di PTN tersebut.

5. Perbanyak Latihan

Pada tahap in, kesiapan mental kamu sangat-sangat penting dalam menghadapi ujian tulis SNBT dan Seleksi Mandiri. Disini, Banyak siswa yang tidak lolos di PTN karena gugup pada saat mengerjakan soal. Jadi, untuk menghindari itu, biasakan diri kamu jauh jauh-hari sebelumnya dengan latihan berbagai bentuk soal.

Semakin banyak intensitas latihan yang kamu lakukan, maka tingkat percaya diri akan semakin meningkat. Jangan sampai kamu terjebak dengan iming-iming dari orang yang menjanjikan kamu lolos secara instan. Perlu diketahui, seleksi PTN telah menerapkan berbagai strategi dan sistem monitoring untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam proses seleksi.

6. Pahami Prosedur Seleksi PTN

Terdapat beberapa tahapan dalam proses seleksi PTN. Dalam beberapa kasus,  kekeliruan dalam administrasi menjadikan peserta tidak dapat mengikuti seleksi. Jadi, pastikan bahwa kamu telah memahami prosedur seleksi dengan tepat, mulai dari prosedur pendaftaran hingga pada saat pelaksanaan ujian.

7. Usaha Maksimal Dibarengi Doa dan Tawakal

Teruslah melakukan usaha dengan maksimal. Tapi jangan lupa dibarengi dengan do’a dan tawakal. Usaha yang tidak dibarengi dengan doa dan tawakal akan menjadi sia-sia. Untuk bisa masuk ke PTN, maka kamu harus berusaha dengan maksimal disertai dengan doa dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa. Sehingga, nantinya kamu pun akan lebih bersyukur dan jauh dari sifat kesombongan saat diterima. Selain itu, kamu juga akan dihindari dari keputusasaan apabila kamu tidak diterima.

Bagaimana pembahasan artikel diatas yang berjudul Bimbel Masuk PTN Favorit semoga artikel diatas membantu menambah wawasan anda kedepannya.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar