X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Tempat Bimbel Masuk PTS Favorit dan Terpercaya

 


Persiapan Masuk PTS Favorit

PTS merupakan sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang dikelola oleh suatu lembaga atau yayasan. Sebagaimana Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga  memiliki beberapa jalur seleksi masuk yang bisa diikuti oleh para peserta didik. Namun perlu diketahui, waktu untuk seleksi masuk PTS tidak serentak sebagaimana seleksi masuk PTN. Waktu untuk seleksi masuk PTS tergantung kebijakan masing-masing kampus. Tetapi sebelum kita lanjut ke pembahasan kami juga memgunggah artikel yang berjudul Bimbel Masuk PTNFavorit anda bisa membacanya dengan klik link yang sudah tercantum.

Terdapat tiga jalur seleksi untuk masuk PTS di Indonesia, yaitu Seleksi Tanpa Tes, Seleksi Ujian Tertulis, dan Seleksi Wawancara. Setiap jalur seleksi tersebut memiliki karakteristik dan persyaratannya yang berbeda.

Tips Seleksi Masuk PTS Favorite

Saat ini, Euphoria PTS semakin meningkat. Popularitasnya semakin melambung tinggi dan tidak sedikit menjadi kampus pilihan bagi calon peserta didik. Bukan tanpa sebab, hal ini terjadi karena kualitas dan fasilitas yang disediakan. Mulai dari dosen pengajar, hingga fasilitas yang lengkap untuk menunjang pembelajaran.

PTS memang tidak kalah dengan PTN dalam mencetak lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing. Jadi, jika kamu memiliki rencana untuk mendaftar di PTS, berikut kami rangkum tips seleksi masuk PTS sehingga kamu bisa masuk ke PTS yang kamu impikan.

1.   Tentukan PTS yang Akan Dipilih

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk masuk PTS,yaitu dengan menentukan PTS mana yang akan kamu pilih. Jika sudah, lanjutkan dengan menentukan program studi apa yang akan kamu ambil. Pilihlah program studi yang memang sesuai dengan bakat dan minat kamu. Namun, jangan lupa juga untuk melirik prospek kerja dari program studi tersebut.

Penentuan program studi ini cukup penting. Karena salah satu kasus yang sering terjadi dikalangan mahasiswa adalah merasa salah jurusan karena tidak mencari informasi mengenai jurusan yang mereka ambil. Jadi, disini kamu harus mempersiapkannya dengan matang-matang agar kamu tidak merasa salah jurusan.

2.   Pilihlah Jalur Seleksi Lebih Awal

Kedua, pilihlah jalur seleksi lebih awal atau kalo dalam PTS disebut seleksi gelombang I. Umumnya, terdapat tiga jalur seleksi untuk masuk PTS, yaitu Seleksi Jalur Tes, Seleksi Jalur Tanpa Tes, dan Seleksi Wawancara.

Pentingnya mengikuti seleksi gelomang I ini adalah agar kamu bisa mendapatkan biaya yang lebih rendah. Pasalnya, biaya di setiap gelombang berbeda-beda. Semakin kamu menunda, maka semakin besar pula biaya kuliah yang akan kamu keluarkan.

3.   Mengenali Minat dan Kemampuan Diri

Kebanyakan kasus dari calon peserta yang gagal masuk PTS yang diinginkan adalah karena strategi yang kurang tepat dalam memilih program studi. Jadi dalam hal ini, kamu harus benar-benar mengetahui minat kamu apa sebelum melakukan pendaftaran.

Selain itu, kamu juga harus lebih teliti dalam mengenali kemampuan diri kamu. Jangan mengambil program studi hanya karena ikut-ikutan atau keren dimata orang.

4.   Cari Informasi yang Banyak

Pada tahap ini, kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya dan jauh-jauh hari sebelum seleksi diselenggarakan. Adapun cara yang bisa kamu praktekkan, yaitu mengunjungi website resmi dari masing-masing PTS, tanyakan ke alumni kampus PTS jika memang memiliki kenalan.

Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi di internet mengenai PTS tersebut. Sehingga, informasi yang didapat tentunya akan menambah wawasan informasi dari PTS yang dipilih dan berhasil lolos atau diterima di PTS tersebut.

5.   Perbanyak Latihan

Kesiapan mental kamu sangat-sangat penting dalam menghadapi seleksi ujian tulis dan seleksi wawancara. Di sebagian kasus, beberapa calon peserta didik yang tidak lolos baik saat ujian tulis maupun wawancara disebabkan karena gugup atau grogi. Jadi, untuk menghindari hal itu, biasakan diri kamu dari jauh jauh-hari sebelumnya dengan mencoba latihan dari berbagai bentuk, baik untuk ujian tulis maupun wawancara. Semakin sering latihan, kamu akan mendapatkan rasa tingkat percaya diri tinggi.

6.   Pahami Prosedur Seleksi

Pada saat pendaftaran, ada beberapa tahapan dalam proses seleksi PTS yang harus kamu pahami. Kasus kekeliruan dalam administrasi menjadikan calon peserta tidak dapat mengikuti seleksi ujian. Jadi, coba pastikan dulu bahwa kamu telah memahami prosedur seleksi dengan cermat, mulai dari syarat-syarat pendaftaran hingga prosedur pada saat pelaksanaan ujian.       

Jenis-Jenis Seleksi Masuk PTS

1.   Seleksi Tanpa Tes; Jalur Prestasi

Seleksi ini memiliki kesamaan dengan sistem SNBP pada seleksi masuk PTN. Oleh karenanya seleksi jalur ini lebih dikenal dengan istilah seleksi jalur prestasi. Pada jalur ini, setiap PTS akan menilai para peserta didik dari catatan prestasi atau nilai mereka selama bersekolah.

Beberapa PTS juga melakukan perekrutan beasiswa kuliah melalui jalur ini, seperti potongan biaya SPP atau biaya pendidikan lainnya bagi calon peserta didik yang dirasa memiliki jejak akademik yang baik selama duduk di bangku SMA.

2. Seleksi Ujian Tertulis

Pada jalur seleksi ini, setiap kampus akan memberikan materi ujian sesuai dengan program studi yang diambil dan ditambah materi wajib seperti TPA (Tes Potensi Akademik), Matematika, dan  Bahasa.

Beberapa PTS juga menyelenggarakan ujian keterampilan bagi para peserta didik yang ingin masuk ke program studi tertentu. Misalnya, Universitas Trisakti yang mewajibkan peserta didik untuk mengikuti tes keterampilan menggambar bagi mereka yang ingin mengambil program studi Desain Komunikasi Visual.

3. Seleksi Wawancara

Sebagaimana melamar kerja, beberapa PTS juga menyaring calon peserta didiknya dengan seleksi wawancara.  Pertanyaan yang biasanya diberikan pada tes wawancara ini meliputi;

     Ceritakan tentang dirimu

     Apa yang membuat kamu tertarik untuk masuk kampus/prodi ini

     Dapat info dari mana tentang kampus ini

     Jika tidak lolos di prodi ini, prodi apa yang akan kamu minati ambil

     Alasan kenapa kamu lolos

     Cita-citanya apa

     Pencapaianmu  selama ini apa aja

     Jika ada hal yang bisa diubah pada dirimu, apa sifat/sikap/kebiasaan/hal yang ingin diubah

     Kelebihan dan kekurangannya apa

     Apakah yakin kuliah disini

     Sebutkan gambaran dirimu 10 tahun ke depan

     Ceritakan pengalaman saat kamu gagal

     Apa kamu yakin akan diterima disini, sebutkan alasannya

     Di Luar kelas, kegiatan apa saja yang kamu ikuti

     Dari skala satu sampai sepuluh, berapa minat kamu masuk jurusan ini dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan jebakan lainnya.

Disamping seleksi yang telah disebutkan diatas, beberapa PTS juga menerapkan tes kesehatan dan tes bebas narkoba bagi Calon peserta didiknya. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah calon peserta didik yang akan masuk ke kampusnya mampu secara fisik untuk mengikuti kegiatan belajar dan tidak pernah terlibat atau mengkonsumsi obat-obatan berbahaya.

Bagaimana penjelasan tentang Bimbel Masuk PTS Favorit semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam menambah wawasan anda.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar