X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Masuk TNI/ Polri Sulit ? Simak Tips Ringkas Ini !!!



Tips Masuk TNI/Polri
Sumber : BeritaSatu.com

 Masuk TNI maupun POLRI sering kali menjadi momok tertentu bagi sebagain orang, hal ini dikarenakan banyaknya anggapan yang berbeda di masyarakat. Salah satunya opini mengenai susahnya masuk TNI maupun POLRI. Padahal, opini tersebut dapat dibantah jika kita memahami tentang alur seleksi beserta syarat-syarat yang harus dilakukan saat melakukan seleksi. 

Bukan hanya itu,  kita juga harus paham mengenai beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukan seleksi. Latihan dan doa adalah kunci utama keberhasilan seleksi. Karena pada umumnya di dunia ini tidak ada yang instan.

Lalu bagaiamana cara untuk lolos dalam setiap seleksi tersebut ?

Menurut Soenardi Hardjosoemitro dalam bukunya yang berjudul Siap Tempur Tes Masuk TNI/POLRI ada beberapa poin yang dapat dipersiapkan.  Ada dua poin utama yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan diri sebelum menghadapi seleksi. 


1.     Kualitas Kesehatan

Untuk mengetahuhi kondisi kesehatan tubuh, maka seharusnya segera lakukan general check up di rumah sakit militer terdekat yang membuka poliklinik untuk umum guna mengetahui beberapa hal berikut.

- Tekanan darah, idealnya kita memiliki tekanan darah 120/80 untuk bisa lolos seleksi.
- Detak jantung ideal, yakni 60-90 detak per menit.
- Hemoglobin darah yang ideal adalah 14-16 per gram
- Gula darah normal
- Kolesterol normal
- Hasil rontgen paru-paru baik/normal
- Gigi sehat/tidak ada bolong
- Tidak menderita ambein /wasir
- Tidak menderita varikokel
- Tidak menderita pembengkakan di pembuluh darah balik di betis kaki
- Jantung sehat
- Mata normal dan tidak buta warna
Segera lakukan penyembuhan atau perbaikan bila ada yang belum ideal berdasarkan hasil pemeriksaan dokter militer tersebut.

2.     Kualitas Kejiwaan

Bukan hanya kualitas kesehatan secara fisik saja yang dibutuhkan, namun kualitas kejiwaan hjuga harus menjadi sesuatu yang harus diperhatikan. Kondisi kejiwaan untuk menghadapi psikotes bagi mereka yang ingin menembus seleksi masuk TNI harus baik dan kuat. Oleh karena itu perlu dipersiapkan beberapa hal, yakni :

- Perkokoh niat menjadi prajurit dan pejuang profesional, yakni yang bersedia mengorbankan jiwa raga untuk kepentingan bangsa dan negara. Juga tanamkan terus setelah cinta kepada Allah, serta cinta kedua, bukan pada orangtua atau pacar melainkan
pada kejayaan bangsa dan negara.
- Lepaskan berbagai masalah dan kepentingan pribadi yang selalu membelenggu Anda selama ini.
- Baca sejarah perjuangan para pahlawan, seperti Jenderal Sudirman dan sebagainya, agar merasuk ke dalam kalbu semangat perjuangan Anda.
- Lakukanlah latihan menggambar orang, pohon, dan rumah yang harmonis.
- Pelajari dan sugestikan prinsip “Do the best, God takes the rest”.

 Nah itulah poin-poin yang dapat menjadi tips sebelum melakukan seleksi masuk TNI maupun POLRI, semoga tipsnya dapat bermanfaat bagi Anda semua para pejuang yang mengabdikan negara.
Related Posts

Related Posts