[Merchandise][bsummary]
[Review][bigposts]

Masih Bingung Syarat Masuk TNI/Polri ? Baca Tulisan Ini !!

Syarat Masuk TNI/Polri
Sumber : Kodam Iskandar Muda 

Berkembangnya zaman menyebabkan semakin berkembang pula teknologi, informasi dan komunikasi di masyarakat. Saat ini, banyak bermunculan media sosial. Sering kali media ini digunakan sebagai ajang eksistensi diri, yang menguntungkan dalam segi finansial. Tak ayal, banyak masyarakat kita menjadikannya sebagai ladang penghasilan dadakan. Imbasnya, saat ini banyak anak muda yang mulai mengubah cita-cita mereka menjadi seorang selebgram, youtuber maupun profesi lain yang berkaitan dengan media sosial.

Mirisnya, dari pengaruh terpaan media sosial tersebut berdampak pada pola pemikiran anak muda saat ini, sedikit anak muda yang tertarik untuk mengabdikan diri bagi negara. Mereka lebih tertarik untuk terjun pada profesi yang disebutkan di atas. Bukan hanya itu, berkembangnya opini di masyarakat mengenai sulitnya masuk profesi pengabdian negara seperti TNI maupun POLRI menyebabkan semakin berkurangnya minat masyarakat untuk terjun dalam profesi tersebut.

Lalu apa dampaknya jika opini tersebut terus berkembang ?
Dampaknya jika opini tersebut semakin berkembang, maka menyebabkan semakin sedikitnya minat anak muda saat ini untuk mengabdikan diri bagi negara. Padahal, masuk TNI maupun POLRI bukan menjadi sesuatu yang sulit, jika sudah ada pelatihan terlebih dahulu karena pada dasarnya segala sesuatu tidaklah bersifat instan seperti mie instan. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat lolos dalam seleksi-seleksi yang disediakan dalam TNI maupun POLRI.

Secara umum Tentara Negara Indonesia atau TNI, dibedakan menjadi tiga yaitu TNI Angktan Laut, TNI Angkatan Darat, serta TNI Angkatan Udara. Ketiganya pastilah memiliki perbedaan, seperti perbedaan penempatan pengabdian sampai dengan persayaratan yang harus dipenuhi. Meskipun demikian, terdapat beberapa persamaan pada saat proses seleksi. Maka dari itu, sebelum mendaftar ada baiknya memperisapkan diri untuk mengikuti serangkaian tes. Berikut ini rangkaian tes jika ingin menjadi anggota TNI maupun POLRI. Namun dalam artikel ini yang akan dibahas adalah mengenai cara masuk TNI Angkatan Darat.

Tes Masuk TNI Angkatan Darat

A. Tes Masuk Taruna Angkatan Darat

Proses perekrutan Calon Taruna Akmil TA 2019. Memanglah telah berakhir namun hal ini bukan menjadi alasan untuk tidak mempersiapkan diri pada pendaftaran seleksi selanjutya. Secara umum serangkaian tes yang harus dilakukan anatara lain diawali dengan tes kesehatan jasmani seperti renang sampai tes psikologi.

B.Tes Masuk Tamtama TNI AD

Serangakain tes seleksi antara lain sebagai berikut, pemeriksaan tingkat daerah administrasi, kesehatan, jasmani (postur, ketangkasan renang 50 M, Garjas A lari 12 menit dan B1 Pull Up), sedangkan pengujian tingkat pusat antara lain administrasi, kesehatan, jasmani (postur, ketangkasan renang 50 M, Garjas A lari 12 menit dan Garjas b Pull Up, sit up, push up, dan shuttle run), mental ideologi serta psikologi.

Tes Masuk POLRI

a.    Seleksi Masuk AKPOL

Seleksi ini dibuka bagi SMA/ Sederajat jurusan IPA/IPS. Para pelamar akan mengikuti serangkain seleksi hingga mengikuti pendidikan. Seleksi dimulai dari teskesehatan yang terdiri dari tahap 1 dan tahap 2 yang meliputi tes urine, berat bada dan lain-lain. Selanjutnya terdapat pemeriksaan psikologi yang terdiri dari tingkat kecerdasan sampai dengan kepribadian

b.    Tes Masuk Bintara POLRI

Bukan hanya seleksi AKPOL saja namun, POLRI juga membuka pendaftaran bagi bintara POLRI. Tahapan seleksi yang harus dilakukan antara lain administrasi, kesehatan, penelusuran mental kepribadian sampai tes psikotes.

c.    Tes Masuk SIPSS

POLRI juga membuka pendaftaran bagi Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana atau SIPSS. Masuk SIPSS juga harus melalui berbagai tes, mulai dari pemeriksaan kesehatan, uji kesamaptaan jasmani, renang dan lain-lain.

Nah itulah serangkaian tes seleksi yang dilakukan pada saat penerimaan TNI maupun POLRI. Semoga artikel yang kami sajikan dapat bermanfaat bagi Anda semua, para pejuang yang siap mengabdikan diri bagi negara.
Salam Hangat
[TNI][twocolumns]