[Merchandise][bsummary]
[Review][bigposts]

Tips Mengerjakan Soal Akademik Polri


TIPS MENGERJAKAN SOAL AKADEMIK POLRI

Sebelumnya kami telah membahas tentang Tips Mengerjakan Soal Analogi Polri yang berguna untu Anda pelajari. Sehingga, persiapan Anda sebelum mengikuti tes semakin mantap dan dapat mengerjakannya dengan mudah.

Tidak hanya soal analogi yang perlu Anda kerjakan dalam seleksi penerimaan Polri. Namun, Anda juga akan dihadapkan untuk mengerjakan tes akademik. Apakah Anda tahu apa itu tes akademik?

Tes akademik Polri digunakan sebagai tolak ukur untuk memasuki jenjang kepolisian. Untuk itu, dalam seleksi tes ini Anda perlu benar-benar mempersiapkannya dari sisi materi yang dibutuhkan dari sisi sumber daya manusia (SDM) kepolisian. Dalam tes akademik polri, materi ujian pokok terdiri dari Bahasa Indonesia, Pengetahuan Umum (Muatan Lokal), dan Matematika.

Tidak hanya tiga materi ujian pokok saja yang harus Anda kerjakan dalam seleksi masuk polri, namun terdapat beberapa varian soal yang sering muncul dala tes akademik polri, yaitu matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Pengetahuan Alam, Pengetahuan Umum, Wawasan Kebangsaan, dan Perundang-undangan. Dari ketujuh pokok mater ujian tersebut, dibagi dalam presentasi soal yang kemudian baru ditentukan komposisi masing-masing materi Tes Potensi Akademik Polri.


Tips mengerjakan soal akademik sangatlah penting. Materi soal yang beragam, membuat Anda harus mempersiapkannya sedini mungkin. Sebab, selalu ada hasil terbaik bagi usaha keras yang dilakukan.

Tips 1. Rajinlah untuk berlatih soal-soal Tes Potensi Akademik sebanyak mungkin. Selain itu, Anda pun harus menentukan batasan waktu dalam mengerjakan. Sebab hal tersebut dapat membuat Anda terlatih untuk tepat waktu mengerjakan soal sesuai ketentuan.

Tips 2. Dalam tes angka pada TPA, Anda harus melatih logika berpikir. Logika berpikir yang terstruktur dapat memudahkan Anda mengerjakan soal-soal tes angka dengan cepat dan benar.

Tips 3. Pastikan kondisi Anda rileks dalam mengerjakan soal. Karena jika Anda panik ketika mengerjakan soal, mudah membuat Anda terkecoh  oleh jawaban yang sekilas terlihat benar.

Tips 4. Jangan terlalu banyak berpikir, sebab akan menghabiskan waktu hanya untuk mencermati soal! Anda dapat mengerjakan soal dari bagian belakang, biasanya lebih mudah dibandingkan bagian depan sehingga tidak banyak membuatng waktu Anda.

Tips 5. Untuk bagian matematika, Anda dapat menghafalkan jenis hitungan perkalian, pecahan, presentase, per-pangkatan, dan desimal sederhana. Mempersiapkan hafalan tersebut sebelum berlangsungnya tes, dapat membantu Anda menghadapi bagian soal hitungan lebih cepat.

Hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi tes Akademik polri adalah selalu memperhatikan waktu pengerjaan. Sebab,secara hitungan, dalam 1 soal yang diberikan, peserta mesti mengerjakannya dalam waktu maksimal 40 detik.

Demikianlah Tips Mengerjakan Soal Akademik Polri yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu agar proses tes seleksi POLRI yang diikuti dapat berjalan lancar!

Salam Hangat,





[TNI][twocolumns]