[Berita][bsummary]
[Review][bigposts]

Biografi Mayjen Ricard TH Tampubolon, Bukan Sosok Sembarangan

Biografi Mayjen Ricard TH Tampubolon
Biografi Mayjen Ricard TH Tampubolon, Bukan Sosok Sembarangan

Biografi Mayjen Ricard TH Tampubolon
, Bukan Sosok Sembarangan

Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus Mayjen TNI Richard TH Tampubolon resmi ditunjuk sebagai Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI. Richard menggantikan Mayjen TNI Rochadi yang telah memasuki masa pensiun.

 

Penunjukan Richard tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/588/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

 

Pelantikan Richard dilakukan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (30/7/2020). Pelantikan ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1497/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020.

 

“Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Kabidpenum Puspen TNI Letkol Sus Aidil dalam laman resmi TNI, dikutip Selasa (4/8/2020).

 

Karir Jebolan Akademi Militer

Diketahui, Richard merupakan jebolan Akademi Militer 1992 dari kecabangan infanteri. Karirnya banyak dihabiskan di Kopassus.

 

Karir Richard banyak dihabiskan di satuan baret merah dengan menempati banyak posisi, antara lain Danyon 11/Grup 1/Kopassus, Wadangrup 2 Kopassus, Asintel Danjen Kopassus (2014), Dangrup 2 Kopassus serta Dangrup 3 Kopassus.

 

Selain itu, Richard juga pernah dipercaya sebagai Danrindam VI/ Mulawarman, dan Danrem 023/Kawal Samudera.

 

Sebelum ditunjuk sebagai Dankoopssus TNI, Richard merupakan Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kaskogabwilhan I). Selama tujuh bulan dia menempati jabatan tersebut.

 

Richard merupakan putra almarhum Mula Jadi Tampubolon, seorang tokoh masyarakat Sumatera Selatan. Mula Jadi merantau dari kampung kelahirannya di Balige, Sumatera Utara ke Palembang.

 

Mula juga pernah menjadi wartawan, politikus hingga pengusaha sukses. Dia juga tercatat pernah menjadi ketua Komisi Tinju Indonesia Sumsel.

Biografi Mayjen Ricard TH Tampubolon
Biografi Mayjen Ricard TH Tampubolon, Bukan Sosok Sembarangan

Koopssus

Diketahui, Koopssus merupakan lembaga yang dibentuk Presiden Jokowi berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi TNI. Perpres tersebut ditandatangani dan mulai berlaku sejak 3 Juli 2019.

 

Perpres ini menjadi dasar perubahan susunan susunan Markas Besar TNI dan pembentukan Koopssus TNI yang berasal dari matra darat, laut, dan udara.

 

Dalam Perpres tersebut juga disebutkan tugas dari Koopssus TNI, yakni menyelenggarakan operasi khusus dan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi.

 

"Koopssus TNI dipimpin oleh Komandan Koopssus TNI disebut Dankoopssus TNI yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Kasum TNI," bunyi Pasal 46b ayat (2) Perpres ini.

 

Sementara, pada Pasal 46b ayat (3) disebutkan, Dankoopssus TNI dibantu oleh Wakil Komandan Koopssus TNI atau Wadankoopssus TNI yang dijabat oleh perwira tinggi berpangkat bintang satu.

 

Perpres Nomor 42 Tahun 2019 ini juga disebutkan soal Komando Utama Operasi TNI. Susunannya terdiri dari Komando Pertahanan Udara Nasional, Komando Gabungan Wilayah Pertahanan, Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat, Komando Pasukan Khusus, Komando Daerah Militer, Komando Armada, Komando Lintas Laut Militer, dan Komando Operasional TNI Angkatan Udara.

 

Semoga Biografi Mayjen Ricard TH Tampubolon ini bisa menjawab rasa penasaran Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya di website Abdi Negara Official ini. Terima kasih telah menyempatkan waktu Anda, sampai jumpa lain waktu!


"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 087763495838
CS 2: 087763495838
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

[TNI][twocolumns]