[Berita][bsummary]
[Review][bigposts]

Mau Mengabdi Pada Negara? Inilah Daftar Kampus yang Memiliki Jurusan Militer dan Kepolisian di Indonesia

Daftar Kampus yang Memiliki Jurusan Militer dan Kepolisian
Mau Mengabdi Pada Negara? Inilah Daftar Kampus yang Memiliki Jurusan Militer dan Kepolisian di Indonesia

Mau Mengabdi Pada Negara? Inilah Daftar Kampus Yang
memiliki Jurusan Militer Dan Kepolisian di Indonesia

Hallo para pembaca sekalian! Salam hangat semoga sehat selalu dan tetap semangat ya. Untuk mengawali hari Anda yang cerah ini dan pastinya selalu bahagia, apakah masih ada masalah yang belum terselesaikan dan masih merasa gundah?

 

Nah sekarang adalah saat yang tepat, mampir dan baca di website kami, abdinegaranews.web.id, kami siap membantu dan menjadi solusi untuk masalah Anda. Pada artikel sebelumnya, kami sudah menyediakan info Syarat Wanita Jika Ingin Menjadi TNI. Untuk kali ini, ada Daftar Kampus yang Memiliki Jurusan Militer dan Kepolisian yang pasti akan menjadi jawaban untuk Anda. Penasaran? Langsung saja lanjut ke artikel dibawah!

 

Untuk Anda yang memiliki cita-cita meMengabdi pada negara menjadi Polisi ataupun TNI, tapi masih bingung mencari kampus yang memiliki jurusan militer dan kepolisian. Tidak usah bingung lagi, disini kami menyediakan daftar kampus yang memiliki jurusan militer dan kepolisian.

 

Berikut adalah daftar kampus yang memiliki Jurusan Militer dan Kepolisian di Indonesia:

 

  1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Pasti kalian sudah tidak asing lagi ya dengan nama Universitas Airlangga (Unair). Kampus negeri ini memiliki sebuah nilai sejarah yang otentik, terutama dari segi pendiriannya. Bagaimana tidak, kampus yang berada di kota pahlawan, Surabaya ini didirikan pada tepat pada tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan perayaan hari pahlawan yang ke-9. Selain dari unsur sejarah, Unair juga merupakan kampus yang unggul, bahkan hingga tingkat  internasional. Asal kalian tahu, ternyata Unair masuk dalam 200 kampus terbaik Asia versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QSWUR).

 

Universitas Airlangga ini selain memiliki beberapa fakultas dan prodi seperti pada kampus-kampus umumnya, Universitas Airlangga ini juga memiliki jurusan kepolisian. Universitas Airlangga yang berada di Kopertis VII ini berakreditasi A dengan nomor SK adalah 024/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014 dan berlaku mulai 2014 dari tahun hingga 16 Januari 2019. Sedangkan program studi Kajian Ilmu Kepolisian mengantongi akreditasi A dengan nomor SK adalah 5012/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2017 yang berlaku mulai 2017 hingga 27 Desember 2022. Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang magister.

 

Visi dari didirikannya program studi ini adalah menjadi pusat unggulan akademik di bidang Ilmu Kepolisian Indonesia yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat regional daninternasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, berdasarkan moral dan agama dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada dalam masyarakat sehubungan dengan masalah sosial, keamanan, kejahatan dan keadilan.

Daftar Kampus yang Memiliki Jurusan Militer dan Kepolisian
Mau Mengabdi Pada Negara? Inilah Daftar Kampus Yang memiliki Jurusan Militer Dan Kepolisian di Indonesia

  1. Universitas Indonesia (UI) 

Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Saat ini UI memiliki 14 fakultas, 2 sekolah pascasarjana, dan 1 program vokasi yang menjalani seluruh kegiatan pengajaran, pendidikan, dan penelitian.

 

UI adalah salah satu kampus yang mempunyai jurusan kepolisian dan militer. Kepolisian sebagai suatu ilmu dipelopori dengan berdirinya Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Salah satu pendirinya adalah Prof. Djokosoetono, SH, yang merupakan Guru Besar Ilmu Negara dan Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Indonesia. PTIK pada awal berdirinya sangat dipengaruhi dengan sistem Belanda yang mendudukan Ilmu Kepolisian sebagai suatu cabang pengetahuan yang memiliki pendekatan ketatanegaraan. Pendekatan ini berlangsung sampai tahun 1960-an sebelum pendidikan di Indonesia beralih kiblat ke model yang ada di Amerika.

 

Selanjutnya Ilmu Kepolisian berkembang tidak hanya dalam tingkatan sarjana tapi juga berkembang dalam tingkatan yang lebih dalam yaitu pascasarjana (baik Magister maupun Doktor) yaitu dengan didirikannya program Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia (KIK UI) pada tahun 1996. Lulusan program studi kepolisian akan diberikan gelar Magister sains (M, S.i).

 

  1. Universitas Langlang Buana (UNLA)

Universitas Langlangbuana adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terdapat di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Universitas Langlangbuana atau disingkat UNLA ini identik dengan POLISI karena masih dibawah naungan yayasan POLRI yaitu Yayasan Bharata Bhakti.

 

Dimulai pada awal tahun 1980 atas prakarsa beberapa purnawirawan Polri yang peduli terhadap pendidikan yang berdomisili di Bandung dan beberapa cendikiawan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) serta direstui oleh Kadapol VIII Langlangbuana Jabar (sekarang Polda Jabar) pada Tahun 1982, didirikanlah Universitas Langlangbuana.

 

Secara formal Universitas Langlangbuana didirikan oleh Yayasan Pendidikan Tri Bhakti (disingkat YPTB) dimana Kadapol VIII Langlangbuana Jabar duduk sebagai Pelindung. Program Studi D-III Kepolisian telah memperoleh penilaian akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai B. Hasil penilaian ini ditetapkan melalui Surat Keputusan BAN-PT No: 202/SK/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/2013 tanggal 23 Oktober 2013.

 

Semoga kami dapat membantu Anda dengan artikel tentang Daftar Kampus yang Memiliki Jurusan Militer dan Kepolisian di Indonesia ini. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin menekuni bidang kepolisian ataupun militer. Terimaksih sudah mampir di Abdi Negara Official. Salam hangat dan sampai jumpa lain waktu!


"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 087763495838
CS 2: 087763495838
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

[TNI][twocolumns]