[Merchandise][bsummary]
[Review][bigposts]

Bingung Tingkatan Pangkat Kepolisian ? Simak Ulasan Berikut Ini



Tingkatan Pangkat Kepolisian
Sumber : Persma.org

Pada sebelumnya, telah dijelaskan tentang syarat masukTNI/POLRI. Selanjutnya untuk menambah wawasan pejuang POLRI, maka dalam artikel ini akan dibahas mengenai angkatan kepolisian di Indonesia di bagi menjadi tiga tingkatan, yang pertama yaitu Tamtama, Polisi Bintara, Polisi Bintara Tinggi, Polisi Perwira Pertama, Polisi Perwira Menengah, Polisi Bintara Tinggi.

 Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih terperinci bagi Anda.

A.   Urutan Pangkat Polisi Tamtama

Tamtama menjadi tingkat kepolisian paling bawah. Pangkat ini biasanya merujuk kepada anggota prajurit garis paling depan dalam kesatuan miiter dan sebagai unsur inti dari sebuah pasukan tempur. Dalam Tamtama terdiri dari beberapa urutan sebagai berikut :

1.  Bhayangkara Dua

Bhayangkara Dua menjadi tingkatan pertama, sebelum 2001 pangkat ini disebut dengan Prajurit Dua atau Prada. Pangkat ini memiliki kesetaraan dengan militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah garis miring yang berwarna miring. Disebut dengan Bharada.

2.  Bhayangkara Satu

Bhayangkara Satu menjadi Tamtama tingkat satu di Kepolisian Republik Indonesia. Setelah tahun 2001 nama Bhayangkara satu baru digunakan, sebelumnya dinamai Prajurit Satu. Pada miler pun memiliki tingakatan ini. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah garis miring berwarna merah. Urutan ini sering disebut Bharatu.

3. Bhayangkara Kepala

Bhayangkara kepala, yang sebelumnya disebut dengan Prajurit Kepala atau Praka. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah garis miring berwarna merah. Urutan ini sering disebut dengan Bharaka.

4. Ajun Brigadir Polisi Dua

Sebelum tahun 2001 disebut dengan Kopral Dua atau Kopda. Tanda kepangkatannya yang dipakai adalah satu buah segitiga berwana merah. Seringkali urutan ini disebut dengan ABRIPDA.

5. Ajun Brigadir Polisi Satu

Sebelumnya disebut dengan Kopral Satu atau Koptu. Dengan menggunakan tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah segitiga berwarna merah. Urutan ini disebut dengan ABRIPTU.

6. Ajun Brigadir Polisi

Sebutan ini digunakan setelah tahun 2001. Sedangkan, sebelumnya urutan ini disebbut dengan Kopral Kepala atau Kopka. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah segitiga berwarna merah. Saat ini urutan ini disebut dengan ABRIP.


B.   Urutan Pangkat Polisi Bintara

Di Indonesia tingkatan ini menjadi tingkatan yang paling banyak dan umum. Tugasnya tidaklah jauh berbeda dengan Tamtama. Namun, di Bintara khususnya pangkat Bripda memiliki fungsi sebagai pelaksana teknis tugas umum kepolisian dan pelaksaan teknis bidang reskim.  Polisi Bintara memiliki sebagai berikut :

1.     Brigadir Polisi Dua

Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut dengan Sersan Dua. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga berwana perak. Pangkat ini sering disebut BRIPDA.

2.     Brigadir Polisi Satu

Sebelumnya disebut dengan Sersan Satu atau Sertu. Menggunakan tanda kepangkatan dua buah segitiga bersusun dan berwarna perak. Saat ini pangkat ini sering disebut dengan BRIPTU.

3.     Brigadir Polisi 

Saat ini Brigadir Polisi, sering disebut dengan BRIGPOL. Sebelumnya pangkat ini disebut dengan Sersan Kepala atau Serka. Pangkat ini memiliki tanda kepangkatan tiga buah segitiga bersusun dan berwarna perak.

4.    Brigadir Polisi Kepala 

Sering kali pangkat ini disebut dengan BRIPKA, sebelum tahun 2001 tingkat ini disebut dengan Sersan Mayor atau Serma. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah empat buah segitiga bersusun berwan perak.

C.   Urutan Pangkat Polisi Bintara Tinggi

Urutan selanjutnya terdapat Bintara Tinggi, Urutan pangkat ini biasanya memiliki tugas menjadi komandan regu dan para bintara dan tamtama di lapangan ketika akan menjalani teknis kepolisian.

     1.    Ajun Inspektur Polisi Dua

Sebelumnya pangkat ini sering disebut dengan Pembantu Letnan Dua, namun berkembangnya zaman setelah tahun 2001 letnan ini disebut dengan AIPDA. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga yang terdiri dari dua segitiga bersambung dan berwarna perak.

2.    Ajun Inspektur Polisi Satu 

Jika sebelumnya pangkat ini sering disebut dengan Pemanbantu Letnan Satu atau Peltu. Maka, saat ini pangkat ini sering disebut dengan AIPTU. Tanda kepangkatan yang dipakai pada pangkat ini adalah dua buah segitiga yang terdiri dari dua segitiga bersambung dan berwarna perak.

D.    Urutan Pangkat Polisi Perwira Pertama 

Tingkat ini menjadi tingkatan perwira keatas. Untuk memasuki tingkat ini, terdapat dua jalur.Kemudian di sisi manajerial kepolisian ada tingkatan perwira keatas. Untuk mendapatkan tingkatan perwira memiliki dua jalur yaitu, melalui AKPOL atau dari Bintara ke perwira dapat melalui AKPOL, SIP, SAG.

1.     Inspektur Polisi Dua

Sebelumnya tingkatan ini disebut dengan Letnan Dua, namun setelah tahun 2001 tingkatan ini disebut dengan IPDA. Tanda kepangkatan yang digunakan adalah satu balok berwarna emas.

2.    Inspektur Polisi Satu

Saat ini tingkatan ini disebut dengan IPTU, sebelumnya tingkatan ini disebut dengan Letnan Satu. Tanda kepangkatan yang digunakan adalah dua balok berwarna emas.

3.    Ajun Komisaris Polisi 

Tingkatan ini disebut dengan, AKP. Sebelumnya disebut dengan kapten. Tanda kepangkatan yang digunakan adalah tiga balok berwarna emas.

          E. Urutan Pangkat Polisi Perwira Menengah
Tingkatan selanjutnya adalah perwira menengah. Memiliki tugas membwahi dari perwira sampai tamtama, tugas yang diemban tidaklah jauh berbeda dengan tugas perwira pertama namun tingkatannya lebih tinggi.

             1. Komisaris Polisi

 Sebutan untuk tingkat ini adalah KOMPOL, sebelumnya tingkatan ini disebut dengan Mayor. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu bungan sudut lima.

                2.Ajun Komisaris Besar Polisi

     Pangkat ini merupakan tingkatan kedua perwira menengah. Memiliki sebutan AKBP sebelumnya Letnan Kolonel. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua bunga sudut lima.

           3.   Komisaris Besar Polisi 

Pangkat ini merupakan tingkat ketiga perwira menengah. Sebelumnya pangkat ini disebut dengan kolonel. Saat ini pangkat ini disebut dengan, Kombes. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga bunga sudut lima.

F. Urutan Pangkat Polisi Perwira Tinggi

Pangkat ini menjadi tingkatan paling atas dalam polisi. Memiliki pangkat jendral. Simbol dan tanda kepangkatan ini adalah bintang berwarna emas. Diawali dari bintang 1 untuk Brigjen sampai dengan bintang  4 untuk Jenderal yang biasanya hanya dipakai oleh Kapolri sebagai komando tertinggi kepolisian republik Indonesia.

1.    Brigadir Jenderal Polisi 

Tingkatan perwira bagi perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Pangkat ini bersifat setara dengan Brigadir Jendral. Tanda kepangkatan yang dipakai adalh satu bintang kepolisian. Tugasnya memimpin Polda di wilayah tipe B atau memimpin sebuah direktorat/ biro di tingkat Mabes Polri.

2.    Inspektur Jenderal Polisi

Pangkat ini menjadi tingkatan kedua bagi perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Pangkat ini setara dengan Mayor Jendral jika di Militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua bintang. Sebelumnya tingkatan ini disebut dengan Mayor Jendral Polisi. Namun, saat ini disebut dengan Inspektur Jendral atau Irjen Pol.

3.    Komisaris Jenderal Polisi

Pangkat ini menjadi tingkatan ketiga bagi perwira tinggi Kepolisian Repubik Indonesia. Dalam militer pangkat ini disebut dengan Letnan Jendral. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga bintang. Sebelumnya tingkat ini disebut dengan Letnan Jendral Polisi, saat ini disebut dengan Komisiaris Jendral Polisi. Kemjen Pol, dapat menduduki jabatan seperti Wakapolri, Irwasum, Kepala BNN, Kabareskrim, Kabaharkam. Setelah mengalami strukturisasi, pemegang Komjen akan bertambah menjadi Kalemdikpol, Kabaintelkam, serta Kepala BNPT.

4.     Jenderal Polisi 

Pangkat ini memiliki tingkatan paling tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Jika di dunia militer pangkat ini setara dengan jendral. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah empat bintang.

Nah inilah urutan dan tingkatan pangkat dalam Kepolisian Republik Indonesia. Tingkatan dapat menambah wawasan bagi para pejuang sebelum mendafar dunia Kepolisian, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

                              Salam Hangat


[TNI][twocolumns]