CARA
MENDAPATKAN SERTIFIKAT AKREDITASI UNTUK MENDAFTAR CPNS 2019
Jika
sebelumnya Anda sudah mantap untuk Memilih Bimbel CPNS Dengan Jaminan Lulus, maka Anda pun harus memperhatikan beberapa
persyaratan yang diperlukan dalam proses pendaftaran CPNS 2019. Tahukah Anda
jika melalui laman https://sscasn.bkn.go.id,
perlu mengunggah sejumlah dokumen? Satu
diantaranya, yaitu dokumen surat akreditasi universitas dari BAN-PT.
Bagi
Anda para pejuang CPNS, cara mendapatkan sertifikat akreditasi untuk mendaftar CPNS 2019 pada dasarnya sangat mudah
sekali. Keterangan akreditasi tersebut bisa dilihat melalui laman BAN-PT https://www.banpt.or.id/.
Sumber: ANTARA FOTO/ Akbar Tado |
Di
laman tersebut, Anda dapat melihat status akreditasi masing-masing kampus yang
ada di Indonesia. Sehingga, Anda pun tidak perlu lagi khawatir kemana harus
mencari dimana untuk mengetahui akreditasi kampus. Selain akreditasi kampus
secara umum, Anda juga dapat melihat status akrediasi jurusan.
Dalam
website https://www.banpt.or.id/, hasil
pencarian yang akan muncul SK akreditasi hingga tanggal kadaluwarsa.
Berikut
ini langkah-langkah bagi Anda untuk memeriksa akreditasi kampus dan jurusan di
BAN PT dikutip tribunjogja.com dari sevima.com, mari simak!
1.
Masuk ke website resmi BAN-PT di laman https://banpt.or.id
2.
Pilih menu Caria tau klik di menu Data Akreditasi, lalu pilih > Institusi
(terkini0, atau pilih > Program Studi (terkini)
3.
Kemudian ketik kampus yang ingin Anda cek status akreditasnya
Bila
sudah mengetahui status akreditasi, langkah selanjutnya adalah mendapatkan
surat tersebut. Berikut langkah-langkah mendapatkan surat akreditasi BAN-PT:
1.
Surat akreditasi tidak dapat dibuat oleh para pejuang CPNS, biasanya disediakan
bentuk fotokopian oleh pihak kampus yang dilegalisir
2.
Pihak BAA (Biro Administrasi Akademik) beberapa perguruan tinggi telah
menyiapkan sertifikat tersebut selama musim pendaftaran CPNS.
3.
Calon pelamar CPNS dapat menghubungi perguruan tinggi masing-masing mengenai
Surat Keterangan Akreditasi BAN-PT.
4.
Pihak kampus pada umumnya mengunggah surat akreditasi tersebut di laman
masing-masing, agar bisa di download.
Jika
Anda mengalami kendala dalam proses kelengkapan dokumen akreditasi atau yang
berhubungan dengan persyaratan pendaftara, BKN pun telah memberikan beberapa
tips yang bisa Anda ikuti sebagai berikut:
Seringkali
para pelamar CPNS 2019 melakukan kesalahan terkati dalam proses input data. Salah
satu kendala peserta soal input data adalah tenang Tempat Lahir sesuai KTP dan
ijazah. Kesalahan penulisan tersebut, seringkali dipahami oleh para pelamar
dengan menulis tempat terbit ijazah.
Rangkaian
alur proses pendaftaran CPNS 2019 telah dipublikasikan oleh BKN. Terdapat 8
langkah yang perlu Anda lakukan hingga sampai pada verifikasi data. Sebaiknya,
sebelum login untuk mencari informasi formasi yang dibutuhkan oleh
masing-masing instansi, Anda pun harus memperhatikan instansi dan jenis formasi
yang ingin didaftar.
Para
peserta CPNS 2019 diminta tidak terburu-buru untuk mendaftar, tetapi agar lebih
dulu melakukan cek formasi dan kelengkapan persyaratan CPNS 2019 yang wajib
dipenuhi. Dan bagi Anda yang gagal mendaftar administrasi, pihak BKN membuka
masa sanggahan untuk pelamar dengan tahapan sebagai berikut:
1.
Pelamar mengajukan sanggahan melalui website SSCASN BKN maksimal tiga hari setelah
pengumuman hasil seleksi administrasi.
2.
Verifikasi ulang oleh panitia pelaksanaan seleksi CPNS instansi.
3.
Pengumuman sanggahan diterima atau ditolak maksimal 7 hari setelah berakhirnya
waktu pengajuan sanggahan.
Demikian
seputar informasi tentang Cara Mendapatkan Sertifikat Akreditasi Untuk
Mendaftar CPNS 2019 yang bisa Anda lakukan. Sukses selalu untuk perjuangannya
dalam mendaftar CPNS 2019!