[Merchandise][bsummary]
[Review][bigposts]

Era Kepresidenan SBY Periode Pertama (2004-2009)


Era Kepresidenan SBY Periode Pertama (2004-2009)
Era Kepresidenan SBY Periode Pertama (2004-2009)
Sumber: www.pinterpolitik.com
Era Kepresidenan SBY Periode Pertama (2004-2009)-
Susilo Bambang Yudhoyono, atau lebih dikenal dengan sebutan SBY, adalah Presiden Indonesia ke-6 yang menjabat sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014. Ia adalah presiden pertama di Indonesia yang dipilih melalui jalur pemilu. Ia, Bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, terpilih dalam Pemilu Presiden 2004.

Sebelumnya, kami juga sudah membahas tentang Era Kepresidenan Megawati. Silahkan Anda periksa jika tertarik. Sekarang kita akan kembali ke Era Kepresidenan SBY Periode Pertama.

Memenangkan pemilu secara langsung, SBY tampil sebagai presiden pertama dalam pemilihan yang dilakukan secara langsung. Pada awal kepemimpinannya, SBY memprioritaskan pada pemberantasan korupsi yang semakin marak di Indonesia dengan berbagai gebrakannya. Salah satunya adalah dengan mendirikan lembaga super body yaitu KPK.

Pemerintahan SBY-JK berlangsung pada tahun 2004-4009. Dalam pemerintahan ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Bersama wakilnya, Jusuf Kalla mencetuskan visi dan misi sebagai berikut:

Visi
Terwujudnya kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara yang aman, Bersatu, rukun, dan damai.
Terwujudnya masyarakat, bangsa, dan negara yang menjunjung tinggi hukum, kesetaraan, dan hak asasi manusia.
Terwujudnya perekonomian yang mampu menyediakan kesempatan kerja dan penghidupan yang layak serta memberikan fondasi yang kokoh bagi pembangunan yang berkelanjutan.

Misi
Mewujudkan Indonesia yang aman dan damai.
Mewujudkan Indonesia yang adil dan demokratis.
Mewujudkan Indonesia yang sejahtera.


Pada periode kepemimpinannya yang pertama, SBY membentuk Kabinet Indonesia Bersatu yang merupakan kabinet pemerintahan Indonesia pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla. Kabinet Indonesia Bersatu dibentuk pada 21 Oktober 2004 dan masa baktinya berakhir pada tahun 2009.

Pada 5 Desember 2005, Presiden Yudhoyono melakukan perombakan kabinet untuk pertama kalinya, dan setelah melakukan evaluasi lebih lanjut atas kinerja para menterinya, presiden melakukan perombakan kedua pada 7 Mei 2007.

Program pertama pemerintahan SBY-JK dikenal dengan program 100 hari. Program ini bertujuan memperbaiki sistem ekonomi yang sangat memberatkan rakyat Indonesia, memperbaiki kinerja pemerintahan dari unsur KKN, serta mewujudkan keadilan dan demokratisasi melalui kepolisian dan kejaksaan agung. Langkah tersebut disambut baik oleh masyarakat. Secara umum, SBY-JK melakukan pemeriksaan kepada pejabat yang diduga korupsi. KPK diberi kebebasan oleh presiden melakukan audit dan pemberantasan korupsi dan pejabat pemerintahan sebanyak 31 orang selama 100 hari.

Kebijakan parsial dan spontan sering datang dan hasilnya mengecewakan masyarakat. Misalnya kedatangan Presiden AS George W. Bush pada tanggal 20 November 2006 yang dipersiapkan secara besar-besaran dan menghasilkan dana besar telah mengundang banyak kecaman. Masyarakat yang anti AS menuduh Indonesia tidak memiliki agenda pemerintahan yang pasti.

Ditambah lagi dengan masalah Lumpur PT. Lapindo Brantas di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Masalah lumpur ini telah menenggelamkan empat desa yang dihuni oleh ribuan warga. Selain itu, banyak perusahaan yang terendam lumpur, artinya negara dan masyarakat dirugikan dengan adanya masalah ini. Untuk mengatasinya, pemerintah telah mengupayakan segala macam cara untuk menanganinya, termasuk mendatangkan tim dari luar negeri dan membentuk tim nasional penanggulangan bencana lumpur.

Namun di samping masalah-masalah yang terjadi, pemerintahan SBY memiliki prestasi baik terutama pada bidang ekonomi. Hutang luar negeri Indonesia menurun secara mengesankan, cadangan devisa meningkat, dan pertumbuhan produk domestik bruto tahunan terbukti solid. Didukung oleh peningkatan komoditas pada tahun 2000-an dan meningkatnya daya beli secara cepat membuat Indonesia berhasil melalui krisis global 2008-2009 tanpa masalah yang berarti.

Para pembaca, itulah Era Kepresidenan SBY Periode Pertama. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa lebih memahami tentang masa kepemimpinan Presiden SBY tahun 2004-2009. Untuk periode kedua, akan kami lanjutkan pada artikel selanjutnya. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda.

Salam Hangat

[TNI][twocolumns]