[Merchandise][bsummary]
[Review][bigposts]

Perbedaan antara TNI dan Brimob dalam Pengabdian terhadap Negara

Perbedaan antara TNI dan Brimob
Perbedaan antara TNI dan Brimob dalam Pengabdiannya terhadap Negara
Perbedaan antara TNI dan Brimob dalam Pengabdian terhadap Negara -
TNI, Brimob, yang satu merupakan kesatuan militer, yang satunya lagi merupakan kesatuan polisi. Namun keduanya sama-sama berperan dalam mengabdi dan membela negara. Namun kalian mungkin bertanya-tanya, bila mereka sama-sama mengabdi pada negara, apa yang membuat mereka berbeda? Itulah yang akan kami bahas saat ini. Kami akan mulai dengan sejarah awal terbentuknya kedua pasukan tersebut, lalu dilanjutkan dengan mengapa kami membutuhkan mereka.

Oh iya, sebelumnya kami juga sudah membahas tentang PerbedaanTNI dan Polisi dalam Status Kedudukannya. Maka kali ini kami akan membahas tentang Perbedaan antara TNI dan Brimob dalam Pengabdian terhadap Negara.


Perbedaan antara TNI dan Brimob
Perbedaan antara TNI dan Brimob dalam Pengabdiannya terhadap Negara
Sejarah Awal Terbentuknya TNI
Indonesia tidak memiliki satu pun kesatuan tentara pada awal berdirinya, Badan Keamanan Rakyat yang dibentuk oleh PPKI bukanlah organisasi kemiliteran yang resmi. Akhirnya, melalui Maklumat Pemerintah pada 5 Oktober 1945, BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat. Pada tanggal 7 Januari 1946, Tentara Keamanan Rakyat berganti nama menjadi Tentara Keselamatan Rakyat, lalu pada 26 Januari 1946, Namanya diubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia.

Karena saat itu Indonesia juga memiliki barisan bersenjata lain yang tidak termasuk Tentara Republik Indonesia, maka Presiden Soekarno mengeluarkan keputusan untuk mempersatukan Tentara Republik Indonesia dengan barisan bersenjata tersebut menjadi Tentara Nasional Indonesia. Penyatuan ini diresmikan pada tanggal 3 Juni 1947.
TNI terdiri dari tiga Angkatan bersenjata, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. TNI dipimpin oleh Panglima TNI dan masing-masing Angkatan dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan.

Mengapa kami membutuhkan TNI?
Ada banyak negara asing yang tidak bisa kami prediksi gerakannya. Dan bila kami tidak menjaga Indonesia, akan sangat mungkin kami akan diserang oleh mereka. Di sinilah TNI melakukan peran mereka, TNI melakukan penjagaan di dalam maupun di luar negara. Mulai dari penangkalan gerakan separatis, gerakan terorisme, hingga pengamanan dan penjagaan perbatasan negara. Apabila ada masalah yang melibatkan pertahanan negara, TNI siap untuk mempertahankannya.

Perbedaan antara TNI dan Brimob
Perbedaan antara TNI dan Brimob dalam Pengabdiannya terhadap Negara
Sejarah Awal Terbentuknya Brimob    
Pada masa penjajahan Jepang, Brimob dikenal dengan nama Tokubetsu Keisatsutai. Kesatuan ini pada mulanya ditugaskan untuk melucuti senjata Jepang, melindungi kepala negara, dan mempertahankan ibu kota. Di bawah pimpinan Inspektur Polisi 1 Mochammad Jasin, Pasukan Polisi Istimewa ini ikut terlibat dalam pertempuran 10 November 1945 melawan Sekutu.

Pada 14 November 1946, Perdana Menteri Sutan Sjahrir membentuk Mobile Brigade (Mobrig) sebagai pengganti Pasukan Polisi Istimewa. Lalu pada 14 November 1961, bersamaan dengan diterimanya Pataka Nugraha Sakanti Yana Utama, satuan Mobrig berubah menjadi Korps Brigade Mobil (Korps Brimob).

Terdapat dua cabang dalam Korps Brimob. Yaitu Gegana dan Resimen Pelopor.
Meskipun banyak yang menganggap bahwa Gegana adalah kesatuan sendiri, nyatanya Gegana merupakan bagian dari Brimob yang bertugas melakukan penjinakan bom dan pemusnahan bahan peledak.

Sedangkan Resimen Pelopor adalah cabang Brimob yang terdiri dari pasukan elite, bertugas melakukan kegiatan yang bersifat paramiliter seperti operasi gerilya dan pertempuran hutan terbatas. 

Mengapa kami membutuhkan Brimob?
Ketika intensitas kejahatan menjadi tinggi, mulai dari gerakan separatis, huru-hara, pengamanan demonstrasi, hingga terorisme, di saat itulah Brimob ada untuk melakukan perannya.

Karena Brimob bersifat paramiliter (seperti pasukan militer dan berfungsi sebagai unsur pembantu tentara), kesatuan ini sering melakukan latihan dan kerja sama dengan kesatuan TNI pada umumnya.

Itulah perbedaan antara TNI dan Brimob dalampengabdian terhadap negara. Meskipun mereka sama-sama mengabdi pada negara, tapi kami harap Anda mengerti perbedaan antara dua kesatuan tersebut. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca artikel ini.

Salam Hangat,

[TNI][twocolumns]