[Merchandise][bsummary]
[Review][bigposts]

Untuk Diketahui, Jika Guru Adalah Abdi Negara


sumber:jambilink.com
Tentunya Anda pasti akrab mendengar bahwa sekolah adalah rumah kedua bagi anak-anak ketika menuntut ilmu. Secara otomatis, guru pun dituntut untuk berperan menjadi orang tua bagi anak didik mereka selama berada di sekolah. Memiliki peran sebagai pendidik sekaligus menjaga anak didiknya, tahukah Anda jika guru adalah abdi negara?

Jika pada pembahasan sebelumnya kami telah membahas dosen adalah abdi negara, maka saat ini kami akan mengulik tentang guru sebagai abdi negara. Memiliki jabatan sebagai guru, merupakan pekerjaan yang mulia. Bagaimana tidak, guru merupakan salah satu jabatan yang memiliki peran penting bagi kemajuan bangsa.

Jangan terlena dengan istilah abdi negara yang secara khusus identik dengan TNI dan POLRI. Guru pun adalah abdi negara. Mereka diandalkan oleh bangsa untuk mengurus kepentingan negara lewat pelayanan, jasa, ide dan inovasi. Tidak sedikit pula, guru ditempatkan pada tempat-tempat terbelakang di Indonesia demi misinya mencerdaskan kehidupan bangsa.

sumber: batasnegeri.com

Menjadi guru tidaklah mudah. Mereka memberikan dedikasi terhadap tanggung jawab, kesetiaan, energi serta pengabdian yang tulus dan ikhlas. Penting kiranya untuk diketahui jika guru menjadi pola anutan dan teladan di tengah masyarakat, terutama pada anak didiknya.

Guru sebagai abdi negara dituntut untuk menjadi panutan dan teladan, memberi contoh yang baik di masyarakat, memberikan pengertian, serta kepuasan dan arahan dalam membimbing. Bahkan, seorang guru dalam hidupnya harus selalu melakukan yang terbaik. Perannya penting, menjadi gerbang anak-anak dalam mengenal dunia di luar pengawasan keluarga.

Tugas guru sebagai pendidik sungguhlah berharga. Guru adalah abdi negara. Mereka membentuk karakter manusia, mengarahkan dan membimbing bakat siswa—dari yang tidak tahu apa-apa, menjadi tercerahkan pikirannya. Guru pun sering disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Pasalnya banyak yang tidak sadar jika karakter serta pengetahuan yang dimilikinya, secara tidak langsung, salah satunya merupakan jasa para guru yang telah mendidiknya.

Guru adalah abdi negara, agen pembelajaran yang mengimplementasikan amanat UUD 1945 alinea ke-4, yaitu: “Kemudian daripada itu, untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan….”

Tidak hanya telah menjalankan amanat UUD 1945, peran guru pun telah diatur dalam UU No. 14 Tahun 2015 tentang guru dan dosen. Termasuk sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN), guru sebagai abdi negara secara tidak langsung patut untuk tunduk terhadap setiap peraturan yang telah ditetapkan oleh negara. Mereka telah berjasa membantu negara dalam mencerdaskan generasi-generasi bangsa.

Begitulah penjelasan tentang guru adalah abdinegara. Sehingga, sudah semestinya guru mendapatkan penghormatan yang tidak kalah tingginya dibanding abdi negara lainnya. Karakter bangsa yang baik, selain berasal dari keluarga juga merupakan hasil dari pola didik yang telah ditanamkan oleh guru. Terimakasih guruku!


Salam Hangat,


[TNI][twocolumns]