X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

5 Pasukan Elit Indonesia

5 Pasukan Elit Indonesia
Sumber: fimale.com


Hallo Readers! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga baik-baik saja ya! Aamiin! Pada kesempatan kali ini kami Abdi Negara News ingin berbagi dengan kawan-kawan tentang 5 pasukan elit Indonesia.

Apakah kawan-kawan sudah tahu apa 5 pasuka elit Indonesia? Di Indonesia memiliki 5 pasukan elit yaitu Gultor, Yontaifib, Detasemen Jala Mangkara, Denbravo, dan Tontaipur.

Itulah 5 elit pasukan militer Indonesai yang terlatih secara khusus dan memiliki keahlian khusus juga, dengan pendidikan militer yang lebih disiplin, lebih baik, dan lebih keras yang menghasilkan pasukan yang luar biasa.

Mari kita mengenal lebih jauh dengan 5 pasukan elit Indonesia ini.

5 Pasukan Elit Indonesia
Sumber: jogja.teribunnews.com
Gultor

Gultor merupakan pasukan khusus yang ada dalam kopasus, satuan ini di khususkan untuk menanggulangi teroris, selain itu informasi detail tentang satuan ini sangan dirahasiakan mulai dari keanggotaannya, senjata yang mereka gunakan, bahka misi yang akan mereka lakukan.

Pasukan ini dibentuk pada 1982, pada awalnya satuan ini dibentuk untuk respon maraknya pembajakan pesawat pada era 80. Pembentukan satuan ini di inisiasi oleh 2 perwira TNI AD yang telah belajar kepada GSG-9 atau pasukan elit Jerman.

5 Pasukan Elit Indonesia
Sumber: boombastis.com
Yontaifib

Batlyon Intai Amfibi atau biasa disebut Yontaifib adalah pasukan khusus yang dibentuk dalam Korps Marinir. Anggota-anggota dalam satuan Yontaifib adalah orang-orang pilihan yang telah melewati latihan dan tes yang susah.

Tugas dari Yontaifib selalu berhubungan dengan aspek kelautan. Mulai dari operasi selam tempur, infiltrasi dan demolisi bawah air, sabotase, hingga pengintaian.

Dalam Yontaifib pelatihannya sangatlah berat, dimana para siswa diikat tangan dan kakinya kemudia disuruh berenang sejauh 3 kilometer. Pada saat latihan kondisinya disamakan seperti asli, sehingga bisa membuat latihan ini makin berat dan memiliki resiko yang besar.

5 Pasukan Elit Indonesia
Sumber: hot.grid.id
Detasemen Jala Mangkara

Denjaka atau Detasemen Jala Mangkara ini merupakan kerucutuan dari Yontaifib, dimana para anggota terbaik dari Yontaifib akan menjadi Detasemen Jala Mangkara.

 Untuk menjadi anggota Denjaka tentulah tidak mudah, dengan mengetahui bahwa para anggota Yontaifib terbaiklah yang menjadi anggota Denjaka tentu saja ujian yang mereka hadapi tidaklah mudah.

Tugas penting dari Denjaka yaitu sabotase, anti pembajakan, hingga intelejen. Walaupun satuan khusus ini dibentuk dari Korps Kelautan akan tetapi, Denjaka mampu dioprasikan di darat maupun di udara.

5 Pasukan Elit Indonesia
Sumber: pinterest.com
Denbravo

Satuan khusus ini merupakan satuan khusus yang dibentuk dalam TNI AU. Pasukan dari satuan khusus ini dibentuk dari anggota-anggota Paskhas yang telah diseleksi secara ketat.

Satuan khusus ini difokuskan pada sektor udara. Misi utama mereka adalah melakukan sabotase instalasi udara musuh, sampai intelejen. Denbravo ini juga diberikan izin untuk menggunakan semua alutsista TNI AU yang memebuat mereka makin tangguh.

5 Pasukan Elit Indonesia
Sumber: inspiratormedia.id
Tontaipur

Peleton Intai Tempur atau Tontaipur merupakan pasukan elit dari Kostrad. Fakta unik dari pasukan khusus ini adalah jumlah pasukan satuan ini diperkirakan hanyalah sedikit. Dengan melihat hal ini dapat dikatakan bahwa terjadi seleksi yang sangat ketat untuk menjadi anggota satuan khusus ini.

Satuan khusus ini dituntut untuk mampu lihai di darat maupun di laut, selain itu satuan ini tak hanya hebat dalam tempur di tiga aspek atau bahasa militernya Tri Matra, anggota Tontaipur juga diajari bagaimana melakukan aksi-aksi intelejen dan sabotase.

Sekian informasi yang dapat kami bagikan kepada kawan-kawan tentang 5 Pasukan Elit Indonesia, selain itu kami juga sudah pernah membahas tentang Sejarah Korps Marinir. semoga tulisan ini dapat membantu dan menghibur kawan-kawan pembaca.

Salam hangat kami Abdi Negara News kepada kawan-kawan pembaca.
Related Posts

Related Posts