X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Batalyon Raider, Pasukan Elit Mematikan yang Jarang Disebut Banyak Orang

Batalyon Raider, Pasukan Elit Mematikan yang Jarang Disebut Banyak Orang
Batalyon Raider, Pasukan Elit Mematikan yang Jarang Disebut Banyak Orang

Batalyon Raider, Pasukan Elit Mematikan yang Jarang Disebut Banyak Orang
Jika dibandingkan dengan pasukan elite lainnya seperti Kopassus, Batalyon Raider memang kalah bersinar. Apalagi saat pemberitaan tentang kehebatan Denjaka dan Sat-Bravo naik, semua orang pun membicarakannya. Memang tidak begitu dikenal, tapi kalau soal kemampuan, para anggota Raider ini juga luar biasa.

Tak hanya menguasai Tri Matra alias kemampuan bertempur darat, laut, dan udara, pasukan Raider ini juga dibekali dengan kelebihan lainnya. Mulai dari anti terorisme sampai pertempuran berlanjut yang memakan waktu berhari-hari.

Tak hanya itu, pasukan satu ini juga dikenal sangat tidak takut mati. Suatu ketika Pak Menhan Ryamizard pernah berkata di depan pasukan elite ini, “Kalau boleh, Raider ini harus harakiri saja. Sanggup?” Kemudian para Raider pun kompak menjawab, “Sanggup!” Ini menjadi salah satu bukti kalau Raider berani mati.

Sebelum kami lanjut, kami juga pernah memberikan pembahasan tentang 5 Pasukan Elite Indonesia. Silakan Anda periksa untuk info lebih lanjut.

Kemampuan Sangar
Sama seperti pasukan elite lainnya, soal kemampuan, para Raider ini juga sangat mematikan. Secara umum mereka menguasai Tri Matra alias keahlian berperang di tiga wilayah, yakni darat, laut, dan udara. Kemudian secara khusus, pasukan elite ini menguasai berbagai skill khas yang menakutkan.

Misalnya adalah operasi tempur lanjut atau semacam perang yang durasi waktunya sangat lama, gerilya dengan mobilitas tinggi, pertempuran jarak dekat, serta anti terorisme. Pasukan ini juga sangat kuat dan diklaim tiga kali lebih greget dari tentara biasa.

Latihan yang Berat
Kemampuan mematikan yang dimiliki oleh Raider tentu tidak muncul sendiri, melainkan melalui proses latihan yang sangat berat. Memang, soal latihan, Raider ini sering dianggap sebagai pasukan yang paling sengsara latihannya.

Pada umumnya, latihan untuk menjadi Raider dilakukan selama 84 hari. Dan dalam jangka waktu itu, mereka dididik dengan sangat keras melalui banyak tahap. Setidaknya ada tiga jenis tahap yang mereka harus jalani.

Tiga tahap itu adalah basis alias pertempuran kota dan jarak dekat, lalu tahap gunung di mana mereka dipaksa untuk survive tanpa bekal makanan, serta tahan rawa laut. Latihan ini bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.

Banyak dan Mematikan
Tidak seperti pasukan elite lainnya yang jumlahnya sangat terbatas, Raider ini kuantitas anggotanya cukup banyak. Diketahui sekarang ini TNI memiliki ratusan Raider. Tapi, meskipun melimpah, namun kemampuan para Raider ini mematikan.

Raider sendiri memang dibuat banyak karena mereka diposisikan di garda depan. Sehingga jika terjadi pertempuran akan bisa menggebrak musuh lebih dulu. Meskipun begitu, Raider sendiri juga sangat bisa digunakan pada operasi-operasi sunyi dengan anggota yang sedikit. Pasukan satu ini memang serba guna dan melengkapi.

Unit Spesial dengan Kemampuan Khusus
Hal yang unik dari Raider adalah tak semua pasukannya punya keahlian serupa. Meskipun latihannya sama-sama, pada akhirnya banyak anggota Raider yang memiliki semacam spesifikasi kemampuan yang khusus. Misalnya kemampuan khas anti teror, gerilya dan lain sebagainya.

Untuk pasukan Raider yang khusus ini, diperkirakan jumlahnya sangat terbatas. Mungkin hanya sekitar 50 saja di setiap angkatan. Kehadiran mereka yang berkemampuan khusus ini sangat membantu Raider secara keseluruhan.

Prestasi Membanggakan
Dibentuk pada tahun 2003, tentu Raider sudah banyak diterjunkan dalam misi-misi yang berbahaya. Sayangnya, misi-misi yang mereka jalannya sifatnya rahasia dan tidak untuk diketahui oleh publik. Namun, ada satu prestasi Raider yang bisa diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Hal tersebut tak lain adalah misi pemburuan kelompok Santoso beberapa waktu lalu. Diketahui, para Raider lah yang berhasil membekuk kelompok yang dianggap teroris ini. Seperti yang kamu tahu, perburuan grup satu ini memakan waktu sampai berbulan-bulan dan sangat sulit. Hingga pada akhirnya para Raider sukses menaklukkan mereka.

Mungkin Batalyon Raider tidak begitu dikenal jika dibandingkan dengan Denjaka, Paskhas, dan pasukan lainnya. Tapi soal kemampuan jangan ditanya. Raider juga greget dan sangat mematikan. Kita harus berterima kasih pula dengan adanya Raider, karena mereka juga dikenal sebagai satuan yang paling aktif memberantas ancaman di negeri ini. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda.
Related Posts

Related Posts