[Berita][bsummary]
[Review][bigposts]

Pangkat Taruna Akmil


PANGKAT TARUNA AKMIL

Sebelumnya kami telah membahas tentang Pangkat Taruna Akpol yang dapat berguna sebagai informasi bagi Anda agar dapat lebih memahami hal-hal yang berkaitan dengan Akademi Kepolisian. Namun, tidak hanya itu, kami pun memiliki beragam informasi terkait AKMIL (Akademi Militer), salah satunya adalah Pangkat Taruna AKMIL.


Meskipun AKMIL adalah tempat pendidikan militer khusus untuk calon perwira remaja, tetapi AKMIL memiliki sistem kepangkatan seperti apa yang ada di Akademi Kepolisian. Pangkat tersebut berlaku dan disejajarkan dengan TNI pada umumnya, Untuk lebih lanjut, berikut ini simak penjelasan urutan pangkat AKMIL yang perlu Anda ketahui:

1. Pangkat Tahun Pertama

PRATAR atau Prajurit Taruna disematkan selama 4 bulan. Pangkat ini merupakan pangkat terendah dalam lingkungan Akademi Militer. Untuk mendapatkan pangkat  Pratar, kemampuan fisik dan mental diuji agar dapat menjadi seorang sipil menjadi seorang militer tangguh. Kopral atau kopral taruna setelah dinyatakan lulus latihan RPS dari Survival selama 4 bulan, para PRATAR akan dilantik menjadi KOPTAR atau Kopral Taruna. Pangkat tersebut akan disandang selama kurang lebih 9 bulan, pada saat oara Taruna berpangkat Kopral Taruna, latihan akan berfokus pada 70% latihan lapangan dan 30% materi atau teori.

2. Pangkat Tahun Kedua

SEPTAR atau Sersan Taruna merupakan pangkat selanjutnya jika Anda dinyatakan lulus tingkat pertama atau tahun pertama. Jika Anda sudah mencapai pangkat tersebut, Anda sudah dapat disebut sebagai makan kecil, karena para Taruna SERTAR sudah mempunyai adik angkatan yang siap untuk dibina. Para Taruna berpangkat SERTAR akan menyandang pangkat tersebut selama 12 bulan.

3. Pangkat Tahun Ketiga

SERMADATAR atau Sersan Mayor Dua Taruna merupakan pangkat ketiga yang dapat Anda dapatkan setelah menyelesaikan pangkat SERTAR. Pada tahun ketiga, pada umumnya karisma dan wibawa taruna mulai terlihat karena pada tingkat tiga ini, taruna telah memiliki dua adik angkatan. Taruna dengan pangkat SERMADATAR dapat dbilang macan tengah, berwibawa dan disegani adik angkata. Pangkat SERMADATAR disematkan pada taruna selama 12 bulan.

4. Pangkat Tahun Ke empat

SERMATUTAR atau Sersan Mayor Satu Taruna dapat disebut sebagai penguasa Akademi Militer atau dapat disebut sebagai macan kampus. Pada saat berpangkat SERMATUTAR, para taruna tingkat 4 sudah fokus untuk mempersiapkan diri mnejadi seorang perwira muda berpangkat LETDA atau Letnan Dua. Pangkat SERMATUTAR akan disandang selama 12 bulan sebelum dilantik oleh Presiden Republik Indonesia.

Demikianlah penjelasan tentang Pangkat Taruna AKMIL yang perlu Anda ketahui. Sukses selalu untuk setiap perjalanan pendidikan Apol yang sedang Anda lakukan. Salam semangat!



Salam Hangat,




"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 087763495838
CS 2: 087763495838
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

[TNI][twocolumns]