[Berita][bsummary]
[Review][bigposts]

Syarat Fisik Menjadi Anggota POLRI

 

Syarat Fisik Menjadi Anggota POLRI
Syarat Fisik Menjadi Anggota POLRI
Syarat Fisik Menjadi Anggota POLRI

 

Menjadi anggota POLRI merupakan salah satu profesi yang sangat diicar dan diminati. Banyak anak yang sedari kecil bercita-cita menjadi seorang polisi hingga pada akhirnya mereka ingin mewujudkan cita-citanya dengan mendaftar sebagai anggota POLRI. Mengingat tugas polisi yang cukup prestisius tentunya tidak mudah untuk menjadi salah satu bagian dari POLRI. Ada begitu banyak syarat dan kriteria yang harus dipenuhi calon siswa didik.

 

Profesi sebagai polisi menjadi salah satu profesi yang cukup membanggakan. Memiliki pendapatan dan masa depan yang menjanjikan tentunya menjadi salah satu alasan profesi ini memiliki antusiasme yang tinggi. Banyak pemuda dan pemudi berbondong-bondong mendaftar ketika pendaftaran POLRI telah resmi dibuka. Dengan antusiasme yang tinggi tentunya dari pihak POLRI juga memiliki standar kualifikasi yang tinggi. Banyak tahapan seleksi yang harus dilewati dan persyaratan administrasi yang harus dilengkapi.

 

Bagi mereka yang memiliki niatan untuk mendaftar anggota POLRI tentunya telah mempersiapkan segala persyaratannya jauh-jauh hari. Perbandingan antara jumlah pendaftar dengan jumlah kuota penerimaan yang tidak sebanding menyebabkan seleksi berlangsung dengan ketat terutama dalam hal fisik. Jumlah pendaftar yang diterima hanya sekitar sepertiga dari jumlah keseluruhan pendaftar. Agar kalian menjadi sepertiga bagian dari jumlah pendaftar yang diterima, perhatikan syarat fisik untuk menjadi anggota POLRI berikut.

 

Syarat fisik utama yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang anggota POLRI adalah tinggi badan. Tinggi badan minimal untuk calon anggota pria adalah 165 cm dan untuk calon anggota wanita adalah 163 cm. Ukuran tinggi badan ini merupakan minimal syarat agar dapat lolos seleksi fisik. Bagi kalian yang memiliki tinggi badan kurang dari ketentuan di atas tentu saja tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya. Namun, kalian masih bisa melakukan upaya jauh-jauh hari sebelum hari pengecekan fisik tiba. salah satunya dengan banyak melakukan latihan fisik yang bisa menambah tinggi badan. Selain itu juga dapat dilakukan dengan memperhatikan konsumsi nutrisi yang menyehatkan dan dapat meningkatkan metabolisme pertumbuhan badan.

 

Syarat Fisik Menjadi Anggota POLRI
Syarat Fisik Menjadi Anggota POLRI

Syarat fisik yang kedua yang tidak kalah penting adalah berat badan. Untuk mengimbangi tinggi badan tentunya dibutuhkan berat badan yang ideal. Dengan berat badan yang ideal dapat memudahkan jalan kalian untuk bisa lolos seleksi fisik. Untuk mengetahui berat badan kalian sudah ideal atau belum, dapat dilakukan pengecekan mandiri dengan menggunakan kalkulator indeks massa tubuh. Rumus untuk mengetahui berat badan ideal dapat dibedakan sesuai jenis kelamin. Untuk pria digunakan rumus: berat badan ideal (kg) = [{tinggi badan (cm) -100} – {tinggi badan (cm) – 100}] x 10% sedangkan untuk wanita yaitu: berat badan ideal (kg) = [{tinggi badan (cm) -100} – {tinggi badan (cm) – 100}] x 15%. Untuk mendapatkan berat badan ideal kalian dapat melakukan kontrol kalori yang dikonsumsi, makan makanan sehat, diet, dan olahraga teratur.

 

Syarat ketiga adalah memiliki fisik yang tidak mengalami kecacatan dari kepala hingga kaki. Bagian-bagian tubuh yang diperiksa biasanya bagian mata, gigi, dan kaki. Untuk mata pastikan kalian tidak ada kecacatan seperti mata minus, buta warna, katarak, dan sebagainya. Untuk gigi pastikan susunan gigi kalian rapi, tidak berlubang, dan gigi depan tidak maju. Untuk kaki pastikan kalian tidak memiliki bentuk kaki O atau kaki X, serta kalian tidak diizinkan memiliki riwayat patah tulang baik tangan maupun kaki.

 

Fisik hanya menjadi salah satu dari sekian banyak persyaratan yang harus dipenuhi ketika mendaftar menjadi anggota POLRI. Masih banyak persyaratan lainnya yang harus dipenuhi. Jangan sampai kalian hanya terpaku pada syarat fisik dan melupakan persyaratan lainnya. Pastikan semua persyaratan kalian perhatikan secara seksama. Dengan begitu gerbang POLRI akan terbuka lebar untuk kalian.

 

Semoga informasi mengenai Syarat Fisik Menjadi Anggota POLRI berikut bermanfaat bagi kalian yang akan mendaftar sebagai anggota POLRI. Untuk informasi menarik lainnya pantau terus artikel kami di Abdi Negara Official. Terima kasih dan sampai jumpa!

 


"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 087763495838
CS 2: 087763495838
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

[TNI][twocolumns]